Program CSR PT BPI Dukung Peningkatan Kualitas Kesehatan untuk Pencegahan Stunting Di Kabupaten Batang

Program CSR PT BPI Dukung Peningkatan Kualitas Kesehatan untuk Pencegahan Stunting Di Kabupaten Batang

BATANG - PT Bhimasena Power Indonesia (BPI) sejak tahun 2012 telah mengimplementasikan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) di bidang kesehatan di 15 desa sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk peningkatan kesehatan masyarakat di Kabupaten Batang.

Program tersebut untuk mendukung program prioritas pembangunan dari Bupati Batang di tahun 2018, serta merupakan program pembangunan desa berdasarkan dokumen Musyarawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes).

"Program CSR BPI bidang kesehatan meliputi kegiatan pengobatan gratis, rangkaian program yang melibatkan para kader kesehatan desa melalui kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT), bantuan alat kesehatan, peningkatan kapasitas, bantuan modal usaha, dan sejak tahun 2017 telah merevitalisasi Forum Kesehatan Desa (FKD) melalui program kemitraan," kata Direktur Operasional PT BHimasena Power Indonesia Yoshimitsu Fujii, Rabu (31/08/2022).

Selain itu, dukungan pelayanan Program Posyandu dalam bentuk Bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dan bantuan alat kesehatan. Dukungan kepada balita dan lansia di 57 Posyandu di 14 desa terdampak yang diterima secara langsung maupun tidak langsung dengan melibatkan 14 KUB (Kelompok Usaha Bersama) kader kesehatan. Termasuk memberikan paket sebanyak 777 paket bantuan alat kesehatan kepada kelompok kader kesehatan dan bidan di 14 desa untuk melengkapi dan mengganti alat kesehatan yang sudah tidak layak.

Program penguatan kelembagaan kesehatan desa, BPI menjalin mitra dengan Perkumpulan Keluarga Berencana (PKBI) Jawa Tengah dengan Program Bersih, Makmur, Sehat, Masyarakat Berdaya (Bima Sembada).

"Program Gerakan berbasis desa ini berfokus pada penguatan kader kesehatan dan revitalisasi Forum Kesehatan Desa (FKD) melalui kegiatan peningkatan kapasitas dan pendampingan program jambanisasi (ODF) dan system pengelolaan air limbah (SPAL), tanaman obat keluarga (TOGA), dan penghijauan," tandas Yoshimitsu Fujii.

BPI secara konsisten melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas sejak 2012, berikut adalah ragam program CSR bidang kesehatan yang telah dilakukan:

Kegiatan peningkatan kapasitas bagi tenaga kesehatan, kader, dan FKD tahun 2022

Jumlah bantuan untuk kampenye stop BABS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: