Puluhan PPK Dibintek Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi

Puluhan PPK Dibintek Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi

BATANG - Mendekati Pemilu, KPU Batang memberikan bimbingan teknis kepada puluhan Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK), Kamis (14/3), di Hotel Dewi Ratih. Dalam bintek tersebut, peserta diberikan pengetahuan terkait alur pemungutan, penghitungan hingga rekapitulasi suara para pemilu nanti.

BERIKAN MATERI - Ketua KPU Batang, Nur Tofan, memberikan materi kepada para PPK yang ada di Batang, Kamis (14/3), di Hotel Dewi Ratih. NOVIA ROCHMAWATI

"Dengan Bintek ini, diharapkan para pelaksana bisa memahami alur pada saat rekapitulasi suara," tutur Ketua KPU Batang, Nur Tofan.

Lanjutnya, dalam bintek juga dipraktekkan tata cara pengisian formulir-formulir. Selain itu, ditekankan pula masalah DPTb, karena DPTb tergantung dari mana pemilih tersebut berasal yang nantinya menentukan jumlah surat suara yang mereka terima.

"Peserta yang ikut adalah PPK se Kabupaten Batang. Nantinya mereka akan memberikan bimbingan kepada masing-masing PPS," ujarnya.

Kasubbag Teknis dan Hupmas KPU Batang, Cipto Hartono menjelaskan, bintek dilaksanakan karena jadwal pelaksanaan pemilu serentak kian dekat. Sementara penghitungan suara merupakan tahapan krusial yang menjadi titik puncak dari semua tahapan yang sudah dilaksanakan.

"Dengan begitu, perlu perencanaan dan persiapan yang matang agar pelaksanaannya dapat berjalan baik dan lancar serta menyajikan hasil akhir yang akuntabel dan aseptabel," tutur Cipto.

Pemilu serentak 2019 merupakan pemilu yang pertama kali dalam sejarah, karena pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara untuk lima lembaga negara, yakni eksekutif dan legislatif yang dilaksanakan pada waktu yang sama, yakni 17 April 2019.

Melibatkan banyak personel yang sebagian besar baru serta adanya regulasi baru, sehingga diperlukan pemahaman yang sama serta terintegrasi bagi seluruh personel yang terlibat di masing-masing tingkatan.

"Kami pandang perlu untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan teknis pemungutan dan penghitungan serta rekapitulasi suara bagi PPK, sehingga mereka punya pedoman untuk melaksanakan kegiatan di PPS maupun KPPS," ujarnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: