Minimalisir Lakalantas, Kurangi 'Blank Spot'

Minimalisir Lakalantas, Kurangi 'Blank Spot'

DISKUSI - Satlantas Polres Pekalongan Kota bersama stakeholder terkait menggelar FGD dalam rangka mengurangi terjadinya lakalantas di Kota Pekalongan.

KOTA - Dalam rangka meminimalisir terjadian kecelakaan lalu lintas (lakalantas), Satlantas Polres Pekalongan Kota bersama Pemkot Pekalongan dan stakeholder terkait menggelar Forum Group Discussion (FGD), kemarin.

Kasatlantas Polres Pekalongan Kota AKP Sutono menuturkan, dalam FGD yang diikuti perwakilan berbagai stakeholder, seperti Satlantas, Dinas Perhubungan, Dinas PUPR, PT Jasa Raharja, PLN, PT Telkom, dan pihak terkait Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ini dibahas berbagai persoalan. Antara lain, membahas solusi untuk mengurangi beberapa titik 'blank spot' di Kota Pekalongan yang berpotensi menyebabkan kerawanan lakalantas.

Kasatlantas menyebutkan salah satu contoh potensi kerawanan. Misalnya saja, adanya pohon peneduh di tepi jalan yang terlalu rimbun sehingga mengenai kabel listrik maupun menutupi rambu-rambu dan petunjuk lalu lintas, beberapa bahu jalan yang tergenang air, jalan berlubang, dan sebagainya.

"Harus diminimalisir supaya tidak menyebabkan kerawanan. Misalnya pohon peneduh, harus ada langkah pemangkasan secara rutin agar tidak menimbulkan bahaya terutama saat hujan deras disertai angin kencang," katanya, Kamis (6/2/2020).

Beberapa permasalahan tersebut manurutnya saat ini secara bertahap sudah mulai diatasi. Misalnya saja, sudah ada tindakan pemotongan atau perimbasan dahan dan batang pohon agar tidak mengenai kabel listrik maupun yang mengganggu pengguna jalan oleh instansi terkait.

"Permasalahan-permasalahan tersebut memang perlu dicarikan solusinya. Harus ada sinergi dengan seluruh stakeholder terkait," ungkapnya.

AKP Sutono menambahkan, dalam upaya mengurangi terjadinya lakalantas khususnya di wilayah Kota Pekalongan harus terjalin sinergitas yang baik antar seluruh stakeholder. "Intinya, jangan sampai ada ego sektoral. Harus ada sinergitas. Ini semua sudah kita komunikasikan dan koordinasikan bersama. Harapannya, permasalahan yang berpotensi menyebabkan lakalantas bisa kita minimalisir, tujuannya angka lakalantas bisa kita tekan," imbuhnya. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: