Sambut HUT RI Warga Pekajangan Bentangkan Kain Merah Putih Sepanjang 1.000 Meter

Sambut HUT RI Warga Pekajangan Bentangkan Kain Merah Putih Sepanjang 1.000 Meter

PEKAJANGAN - Pada peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia tahun ini, warga Pekajangan GG 23, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah menghiasi kampungnya dengan membentangkan kain merah putih sepanjang 1000 meter.

Kain merah putih sepanjang 1.000 meter dan lebar 1,5 meter, menutupi atas jalan kecil perkampungan di Pekajangan. Para pemuda, anak-anak dan masyarakat setempat sedang beraktivitas menyelesaikan kain yang belum terpasang.

Semua bergotong royong untuk membentangkan kain merah putih tersebut. Bahkan, anak-anak kecil di kampung tersebut ikut membentangkan sambil menyanyikan lagu 17 Agustus.

Ahmad Rizqi Khumaidi (20) pemuda kampung setempat mengatakan kain merah putih sepanjang 1.000 meter itu dibentangkan seluruh kampungnya dengan tujuan membangkitkan rasa nasionalisme.

"Kain merah putih sepanjang 1000 meter ini dibentangkan tujuannya agar masyarkat mengingat kembali perjuangan para pahlawan. Dulu para pejuang merebut bangsa Indonesia dari tangan penjajah tidak sekedar hadiah, tetapi dengan penuh pengorbanan," ucap Rizqi.

Menurutnya, selain kain merah putih yang dibentangkan, nantinya ada gambar-gambar pahlawan dan Presiden Republik Indonesia dari yang pertama hingga sekarang. Tidak hanya itu, para pemuda setempat juga akan melepaskan 500 lampion dan menggelar pasar jajan gratis.

"Tidak lupa ada gambar-gambar yang digantung disepanjang jalan serta ada pelepasan lampion dan jajan gratis," ujarnya.

Rizqi menjelaskan sudah tiga kali ini kampungnya membentangkan kain merah putih dan pembentangan kain merah putih ini, dilakukan sejak tanggal 10 Agustus 2019.

"Setiap tahun menjelang kemerdekaan RI selalu para pemuda membentangkan kain merah putih gang dan akan dilepas kembali akhir bulan agustus," ungkapnya.

Dirinya menambahkan dana yang dikeluarkan untuk membentangkan kain ini berasal dari iuran warga dan para donatur.

Terpisah Muhammad Rifki (11) mengatakan ia bersama teman-temannya membantu membentangkan kain merah putih tersebut, sambil menyanyikan lagu kemerdekaan Indonesia.

"Senang sekali bisa membantu kakak-kakak yang sedang membentangkan kain merah putih dan juga menyanyikan lagu 17 Agustus," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: