SDN Kauman 07 Gandeng Ortu Bentuk Karakter Siswa Peduli Lingkungan

SDN Kauman 07 Gandeng Ortu Bentuk Karakter Siswa Peduli Lingkungan

TATA - Guru, Siswa dan Wali Murid saat melakukan kerja bakti dan penghijauan di lingkungan sekolah. NOVIA ROCHMAWATI

BATANG - SDN Kauman 07 tahun ini akan maju untuk menjadi Sekolah Adiwiyata tingkat provinsi Jateng. Oleh karenanya pihaknya menggandeng serta peran orang tua untuk turut membentuk karakter siswa yang peduli dan berbudaya lingkungan.

Hal tersebut salah satunya diwujudkan dalam kegiatan rutin kerja bakti bersama di sekolah beberapa waktu lalu. Kepala SDN Kauman 07, Anung Margono SPd MSi menjelaskan, program Adiwiyata ini menjadi bagian dari gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah. Dimana di sekolahnya tak hanya bersinergi dengan guru dan siswa, tetapi juga menggandeng orang tua.

"Kami libatkan seluruh elemen, tak hanya siswa, guru, tendik, tapi juga orang tua dan masyarakat. Karena tujuan kami menjadi sekolah Adiwiyata tak hanya untuk lomba saja. Tetapi lebih ke pembentukan karakter siswa yang peduli dan berbudaya lingkungan," jelas Anung saat diwawancarai Rabu (26/2/2020).

Dengan turut serta menggandeng masyarakat dan orang tua, sekolah berharap karakter ini semakin kuat pada anak. Sehingga baik ketika berada di sekolah, di rumah maupun di lingkungan masyarakat anak bisa selalu menerapkan perilaku dan berbudaya lingkungan.

Berbagai kegiatan berbasis budaya lingkungan pun turut dilakukan. Seperti penghijauan di lingkungan sekolah, pembuatan pupuk komposter, mempercantik taman, dan juga melakukan daur ulang dari barang-barang bekas.

"Jadi orang tua juga terlibat dalam kegiatan Adiwiyata kali ini. Karena bagaimanapun orang tua juga bisa menjadi contoh perilaku siswanya. Jadi ke depan kami harap dengan menjadi sekolah adiwiyata juga bisa menularkan semangat peduli lingkungan ke orang tua dan lingkungan sekitar juga," tandasnya.

Ketua Komite SDN Kauman 07 Ir S Pristianto dan Ketua Paguyuban Orang Tua, Sri Kasdiyah Aggraeni SE turut mengapresiasi langkah sekolah. Menurutnya Sekolah Adiwiyata ini sudah menjadi solusi untuk menjaga kelestarian alam sekitar. Dan diharapkan anak didik nantinya juga bisa menjadi agen perubahan untuk kelestarian lingkungan.

"Kami sangat senang karena pihak sekolah melibatkan masyarakat dan orang tua dalam kegiatan sekolah Adiwiyata ini. Sehingga kami juga bisa turut serta dan mendukung program ini. Kami harap ke depan anak-anak juga bisa menjadi agen perubahan kelestarian lingkungan," terangnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: