Seluruh Kawasan Kumuh Ditargetkan Terentaskan Tahun Ini

Seluruh Kawasan Kumuh Ditargetkan Terentaskan Tahun Ini

KAJEN - Demi mengentaskan kekumuhan yang ada di Kabupaten Pekalongan serta penataan kawasan kumuh di daerah Buaran dan Kedungwuni. Diadakan Coaching Clinic Skala Kawasan Kotaku untuk penataan Buaran Kedungwuni menjadi sentra batik nusantara berbasis kelestarian lingkungan di Hotel Nirwana, Selasa (28/1/2020).

Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi menerangkan bahwa pada tahun 2019 ini kita sudah bisa mengentaskan kekumuhan sampai 550 hektar. Dari yang semula 671 hektar tinggal tersisa sekitar 50 an hektar. Ini akan diselesaikan pada tahun 2020.

"Tahun 2020 kami mendapat kepercayaan untuk melaksanakan program pengentasan kumuh skala kawasan di daerah Buaran dan Kedungwuni yang nilainya hampir 40 miliar," ujarnya.

Ini untuk apa saja, yakni untuk revitasilisasi saluaran drainase, air bersih, penataan kawasan dan hal yang menunjang tentang lingkungan sehat.

"Yang lebih penting, karena ini program didanai dari dana pinjaman luar negeri yaitu World Bank lewat APBN. Maka harus digunakan sebaik-baiknya dan kepada pihak terkait untuk dilaksanakan tepat waktu dan tepat fungsi. Program ini juga multiyears sampai tahun 2021," ucapnya.

Bupati Asip menambahkan juga untuk peran Pemkab Pekalongan adalah melakukan sosialisasi dan mendukung program tersebut serta bersinergi. Seperti pembebasan lahan, revitalisasi ipal, bantuan kepada kelompok masyarakat yang dilalui program ini sehingga secara sosial tidak menimbulkan efek negatif.

"Nanti kalau sudah jadi, kawasan Buaran yang terkenal industri batik ini akan menjadi kawasan wisata batik karena Kabupaten Pekalongan adalah Legenda Batik Nusantara. Salah satu lokusnya ada di kecamatan Buaran," pungkasnya.

Selain itu, Kabupaten Pekalongan sendiri sudah sering mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten yang layak lingkungan di hari habitat tingkat Provinsi.

"Biasanya kalau tidak juara 2 ya juara 3. Artinya dari aspek itu tingkat kekumuhan kita sudah tidak tinggi lagi di Jawa Tengah," tandasnya.

Targetnya sendiri tahun 2020 selesai serta tidak ada daerah kumuh di Kabupaten Pekalongan. Semuanya bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: