Antisipasi Corona, Masyarakat Dihimbau Jaga Kebersihan Masjid

Antisipasi Corona, Masyarakat Dihimbau Jaga Kebersihan Masjid

BERSIHKAN MASJID - Kegiatan bersih masjid yang dilakukan oleh masyarakat Batang.

BATANG - Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Batang menghimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan masjid sekitar, Jumat (6/3/2020). Hal ini dilakukan sebagai antisipasi wabah Virus Corona yang kini sudah memasuki Indonesia.

Himbauan ini dilakukan mengingat beberapa masjid di Batang juga menjadi tempat rest area dan ibadah di jalan pantura. Dan beberapa daerah yang sering dikunjungi peziarah dari luar kota. Dimana di daerah tersebut mobilisasi masyarakat sangat tinggi dan bisa saja dilalui masyarakat dari berbagai daerah.

"Kami himbau masyarakat sekitar dan pengurus masjid dan instansi terkait untuk lebih menjaga kebersihan masjid sekitar mereka. Terlebih saat ini sedang melanda wabah Virus Corona dan sudah ada suspectnya di Indonesia. Himbauan ini kami jadikan upaya antisipasi
penularan Virus Corona melalui jalur persinggungan/ interaksi antar jamaah masjid atau musala," tutur Sekretaris Dewan Masjid Indonesia, Farid Asror saat diwawancarai Radar Pekalongan, Jumat (6/3/2020).

Dijelaskan, ada beberapa masjid yang menjadi perhatian DMI. Seperti Masjid Agung Darul Muttaqin Batang, Masjid Pancasila Gringsing dan Subah, Masjid Kalibalik Banyuputih, Masjid Wonobodro Blado dan lainnya.

"Tidak hanya masjid tersebut saja, tapi juga musala dan juga masjid lainnya harus dijaga kebersihan dan sanitasinya. Kami harap masyarakat agar ekstra waspada dengan menjaga kebersihan lantai, karpet
dan tempat wudlu, kamar mandi atau toilet dengan membersihkannya secara berkala. Kami juga harap ada edukasi kepada jamaah setempat/lokal akan bahaya penularan virus
corona serta upaya pencegahan penyebarannya," imbunya.

Pihaknya juga berharap agar masyarakat yang sedang sakit, atau mengalami gejala flu, deman dan lainnya untuk bisa salat di rumah hingga benar-benar sembuh. Dan alangkah lebih baik jika jamaah masjid atau musala bisa membawa alat solat sendiri untuk menghindari penyebaran virus dan bakteri.

"Kami sudah himbau agar masjid/musala agar dibersihkan dengan desinfektan. Baik di sekitar alas salat, tempat wudlu dan toilet dan lainnya. Kami juga berharap jika ada masyarakat yang mengalami gejala terpapar Covid-19 untuk bisa segera periksa ke puskesmas terdekat," pungkas Farid. (Nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: