Bendungan Pintu Jurug Kesesi Ambrol

Bendungan Pintu Jurug Kesesi Ambrol

KESESI - Bendungan pintu Jurug terletak di Dukuh Bantul, Desa/ Kecamatan Kesesi ambrol. Meski masih bisa dioperasikan untuk pengaturan aliran air, namun berpotensi menimbulkan kekurang air pada sejumlah area pertanian.

AMBROL - Bendungan Jurug Dukuh Bantul Desa Kesesi Kecamatan Kesesi ambrol lagi. TRIYONO

Aliran air Bendungan Pintu Jurug tersebut setidaknya mengaliri area pertanian warga Desa Srinahan, Sidomulyo, Kamade, Kwigaran bahkan wilayah Sragi.

Kepala Desa Kesesi, Kecamatan Kesesi, Bambang, saat dihubungi, Selasa (2/7) membenarkan. Menurutnya, bendungan pintu Jurug terletak di Dukuh Bantul Desa Kesesi Kecamatan Kesesi memang sudah lama retak, namun sekitar seminggu yang lalu kembali ambrol.

"Saat ini masih bisa untuk pengaturan air saluran irigasi. Namun ambrolnya pintu tersebut sudah saya sampaikan kepada bapak camat Kesesi dan pak Camat sudah menyampaikan kepada Dinas terkait," katanya.

Dengan laporan tersebut sudah ada perwakilan Dinas yang datang ke lokasi untuk survei. "Kami sedang menunggu kapan ada perbaikan, karena kalau tidak secepatnya bendungan bisa jebol," imbuhnya.

Adapun mengenai kekurangan debit air pada area pertanian warga, Kades Kesesi mengakui hal tersebut. Namun kekurangan air bukan disebabkan akibat kondisi pintu bendungan melainkan debit air yang berkurang disaat memasuki musim kemarau.
"Debit air memang turun namun itu diakibatkan karena musim kemarau panjang,"imbuhnya. (Yon)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: