Siswa SLB Unjuk Gigi lewat Keterampilan Literasi

Siswa SLB Unjuk Gigi lewat Keterampilan Literasi

TERIMA - Juara lomba Literasi Sekolah Luar Biasa saat menerima piala dari juri dalam kegiatan di SLB Negeri Batang, Rabu (26/2/2020). NOVIA ROCHMAWATI

BATANG - Sekitar 75 siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) se Wilayah Cabang 13 Disdik Jateng turut unjuk kemampuan literasi mereka lewat Lomba Literasi SLB, Rabu (26/2/2020). Dalam lomba yang digelar di SLB Negeri Batang diikuti sembilan SLB di Wilayah Cabang 13. Seperti lomba cipta baca puisi, komik strip, cerpen, sinopsis, dan bercerita.

Tak hanya di sekolah formal, literasi juga turut digaungkan di Sekolah Luar Biasa. Mulai dari kemampuan baca tulis, bercerita, dan juga kemampuan lainnya. Hal ini dilakukan sebagai upaya menumbuhkan budaya literasi dan untuk meningkatkan kompetensi berbahasa siswa berkebutuhan khusus.

Kasi SMA Wilayah Cabang 13 Disdik Jateng, Nasikhin mengatakan dalam perlombaan ini yang menjadi juara satu akan otomatis terpilih mewakili di perlombaan literasi tingkat Provinsi.

"Siapapun yang menjadi juara akan mewakili ke tingkat provinsi yang rencananya digelas bulan Maret, pastinya harus kita sengkuyung dan membina bersama-sama agar bisa juara di tingkat provinsi hingga nasional," tutur Nasikhin.

Panitia lomba dan Kepala Sekolah SLB Negeri Batang, Sujarwo menyambut gembira atas digelarnya lomba literasi dan bisa menjadi tuan rumah.

Apalagi salah satu siswa SLB Negeri Batang berhasil menjadi juara satu kategori Komik Strip dan otomatis akan menjadi wakil di perlombaan tingkat Provinsi

"Kami sangat menyambut baik dan gembira adanya lomba literasi ini karena tak lain tujuannya untuk mencari bibit literasi pada anak berkebutuhan khusus," tutur Sujarwo.

Meski minat literasi siswa siswi di SLB Negeri Batang belum terlalu banyak, namun pihaknya akan berupaya untuk munumbuhkan semangat literasi terutama siswa yang berminat.

"Memang untuk peminat literasi di SLB Negeri Batang masih sedikit, rata-rata siswa lebih minat di bidang kemandirian seperti tataboga, menjahit dan olahraga tapi untuk peminat literasi kami terus tumbuhkan dengan arahan dan pembinaan," pungkasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: