Hujan Lagi, Banjir Lagi, warga Kembali Mengungsi

Hujan Lagi, Banjir Lagi, warga Kembali Mengungsi

KEMBALI TERENDAM - Permukiman warga di Kelurahan Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat kembali terendam banjir, Senin (24/2/2020) pagi. Sejumlah warga pun terpaksa kembali mengungsi. WAHYU HIDAYAT

KOTA - Banjir kembali melanda sejumlah wilayah di Kota Pekalongan, Senin (24/2/2020) pagi. Ribuan rumah warga kembali terendam banjir, disebabkan hujan deras yang mengguyur sejak pukul 01.00 WIB yang diperparah dengan meluapnya air sungai.

Kondisi terparah ada di wilayah Kecamatan Pekalongan Barat, khususnya di Kelurahan Tirto dan Kelurahan Pasirkratonkramat. Selain itu banjir juga menggenani sejumlah kelurahan di Kecamatan Pekalongan Utara.

Warga yang sehari sebelumnya sudah kembali ke rumah masing-masing, akhirnya terpaksa kembali mengungsi ke sejumlah posko pengungsian karena rumahnya terendam banjir dengan ketinggian antara 20 cm hingga 70 cm.

Salah seorang warga RT 07 RW 01 Kelurahan Tirto menuturkan dirinya baru kembali ke rumah pada Minggu (23/2/2020) malam setelah sempat mengungsi sejak Rabu (19/2/2020) malam. Kini, dia bersama suami dan anaknya terpaksa kembali mengungsi ke rumah orang tuanya di Kelurahan Sapuro Kebulen, Kecamatan Pekalongan Barat. "Saya baru kembali ke rumah tadi malam. Ini banjir lagi, air kembali masuk rumah. Terpaksa ini ngungsi lagi ke rumah orang tua," katanya, Senin (24/2/2020) pagi.

Genangan banjir hingga Senin pagi pukul 09.00 ini memang belum separah beberapa hari sebelumnya. Namun, jika hujan terus mengguyur Kota Pekalongan, dikhawatirkan, genangan banjir akan semakin tinggi dan wilayah terdampak akan semakin meluas.

Proses evakuasi terhadap warga yang rumahnya kebanjiran sudah dilakukan petugas BPBD Kota Pekalongan bersama Satpol PP, PMI, TNI, Polri, tim SAR, relawan, maupun evakuasi mandiri oleh warga. Petugas bersama relawan juga masih terus melakukan proses evakuasi warga di wilayah-wilayah terdampak banjir.

Posko pengungsian yang kembali sudah dipenuhi pengungsi hingga Senin pagi diantaranya di Masjid Al Karomah dan Aula Kantor Kecamatan Pekalongan Barat.

Data Pemkot Pekalongan meyebutkan, sampai Senin pukul 09.00, pengungsi di Aula Kecamatan Pekalongan Barat sebanyak 97 orang.

Disampaikan pula bahwa banjir menggenangi sejumlah wilayah permukiman di Kota Pekalongan antara lain Kecamatan Pekalongan Utara merata mulai 20-70 cm, Kecamatan Pekalongan Barat yakni Kelurahan Tirto dan Pasirkratonkramat 50-70 cm dan kelurahan lainnya merata 10-50 cm, Kecamatan Pekalongan Timur sebagian tergenang 10-50 cm, dan Kecamatan Pekalongan Selatan di beberapa titik. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: