Pencak Silat Tingkat Karesidenan Pekalongan Dibuka, Diikuti oleh Ratusan Atlet

Pencak Silat Tingkat Karesidenan Pekalongan Dibuka, Diikuti oleh Ratusan Atlet

KAJEN - Pencak Silat adalah olahraga bela diri asli Indonesia dan telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO untuk olahraga tradisional dari Indonesia. Oleh Karena itu Pemkab Pekalongan melaksanakan dan membuka Kejuaraan Pencak Silat SH Terate Cup II Piala Bupati Pekalongan tingkat Eks. Karesidenan Pekalongan tahun 2020.

Hadir dalam kegiatan antara lain Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, Kapolres Pekalongan diwakili Kasat Intelkam Polres Pekalongan, AKP Susilo Kalis Rubiyono, Dandim 0710 Pekalongan diwakili Danramil Kajen 0710 Pekalongan, Kapten Inf. Nurkhan. Selanjutnya, hadir pula Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Pekalongan sekaligus Ketua IPSI Kabupaten Pekalongan, Totok Budi Mulyanto, Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan, Candra Saputra, Ketua Umum KONI Kabupaten Pekalongan, Eko Ahmadi, Ketua PSHT Terate Madiun Jatim, Ketua PSHT Terate Kabupaten Pekalongan, Gozali Arba, Ketua Cabang PSHT Terate se-Eks Karesidenan Pekalongan Mas Khun, Kontingen Peserta Kejuaraan.

Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi menjelaskan bahwa Pencak silat mempunyai jiwa kesatria yang selalu menghargai seniornya dan dapat memberikan manfaat kesehatan bagi semua. "Saya berharap kepada KONI Kabupaten Pekalongan untuk selalu membina kepada olah raga pencak silat di Kabupaten Pekalongan," harapnya, Jumat (24/1/2020).

Pencak Silat sudah diminati tidak hanya di Indonesia bahkan di manca negara, oleh karena itu saya mengajak untuk adik adik agar ikut PSHT Terate semua. "Selamat bertanding dan jaga sportifitas dalam bertanding serta semoga dapat memberikan manfaat bagi semua," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Kabupaten Pekalongan, Eko Ahmadi dalam sambutan mengucapkan puji syukur alhamdulillah kegiatan ini dapat berjalan dengan baik yang tak terlepas dari Pemerintahan Kabupaten Pekalongan dengan segala dukungannya.

Komunikasi dan koordinasi yang telah dilakukan oleh PSHT Terate sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. "Saya berharap kepada para pendekar agar nanti banyak menciptakan prestasi di Kabupaten Pekalongan. Kami telah melakukan MoU dengan Nahdatul Ulama bahwa bagi nanti bagi atlit yang berprestasi akan mendapat beasiswa untuk meneruskan pendidikan yang lebih tinggi," ungkap Gus Eko.

KONI Kabupaten Pekalongan, kata Gus Eko, akan terus mendukung untuk kemajuan olah raga di Kab. Pekalongan salah satunya pencak silat yang lahir dari Pesantren.

Dia menambahkan, KONI Kabupaten Pekalongan akan terus mendukung untuk kemajuan olah raga di Kab. Pekalongan salah satunya pencak silat yang lahir dari Pesantren. "Kami telah MoU dengan Nahdatul Ulama bahwa bagi nanti bagi atlit yang berprestasi akan mendapat beasiswa untuk meneruskan pendidikan yang lebih tinggi," jelasnya.

Sedangkan Ketua PSHT Terate Korwil Eks. Karesidenan Pekalongan Mas Khun dalam sambutannya menyampaikan bahwa PSHT Terate ini punya agenda kejuaraan dunia yang rencana akan dilaksanakan di Akmil Magelang.

"Kejuaraan yang dilaksanakan di Kabupaten Pekalongan ini merupakan ajang pemanasan bagi kami untuk menghadapi itu semua," tuturnya.

Kejuaraan Pencak Silat SH Terate Cup II Piala Bupati Pekalongan tingkat Eks. Karesidenan Pekalongan tahun 2020 berlangsung selama 3 hari dari tanggal 24 s.d 26 Januari 2020 di Gedung Pertemuan Umum Kajen Kab. Pekalongan.

Untuk peserta kejuaraan diikuti 24 kontingen 306 atlet terdiri dari 7 Kab dan Kota se-Eks Karesidenan Pekalongan di tambah eksibishi dari Kab. Magelang dan Kab. Banjarnegara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: