Wisata Pantai Wonokerto dan Linggo Asri Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan

Wisata Pantai Wonokerto dan Linggo Asri Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan

KAJEN - Objek Wisata Linggo Asri dan Pantai Wonokerto menjadi tempat yang paling banyak yang dikunjungi oleh wisatawan. Tercatat ada 482 ribu pengunjung di Pantai Wonokerto dan 186 ribu pengunjung di OW Linggo Asri.

Kasi Pemasaran Pariwisata DINPORAPAR Kabupaten Pekalongan, Dodik Budi Purwanto menerangkan bahwa saat ini jenis wisata di Kabupaten Pekalongan didominasi oleh wisata alam, wisata buatan dan wisata minat khusus. Dari tiga jenis wisata tersebut pengunjung paling banyak dari wisata alam.

"Ada 12 wisata alam di Kabupaten Pekalongan, tetapi ada satu ow wisata yang tutup atau tidak beroperasi sesuai data rekap jumlah pengunjung dari Dinporapar Kabupaten Pekalongan, yaitu OW Curug Siwatang," terangnnya.

Dari 12 wisata alam tersebut terbanyak adalah Pantai Wonokerto 482.207 pengunjung diikuti oleh OW Linggo Asri 186.093 pengunjung, Pantai Depok 27.733 pengunjung, OW Curug Madu Resmi 25.479 pengunjung, OW Watu Ireng 8.784 pengunjung, OW Curug Bidadari 6.148 pengunjung, OW Watu Bahan 4.463 pengunjung, OW Curug Bajing 3.216 pengunjung, OW Karang Sriti 1.605, OW Curug Muncar 1.584 pengunjung dan OW Curug Jlarang 948 pengunjung.

Tetapi hanya OW Linggo Asri dan Pantai Depok yang dikelola langsung oleh Pemkab Pekalongan sedangkan lainnya melalui pokdarwis serta ada yang tidak lengkap memberikan laporan pengunjung perbulan seperti Curug Bajing yang hanya melaporkan jumlah pengunjung hanya di bulan Januari saja.

"OW yang dikelola langsung oleh Pemkab Pekalongan ada tiga yakni OW Linggo Asri, Pantai Depok dan Buper & Outbond Center Linggo Asri," jelasnya.

Secara total untuk wisata alam ada 748.440 pengunjung, wisata buatan ada 167.659 pengunjung dan wisata minat khusus ada 213.049 pengunjung. Diharapkan agar pengelola tempat objek wisata untuk melaporkan jumlah pengunjung tiap bulannya sebagai bahan evaluasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: