Tak Kunjung Surut, Genangan di SDN Tirto 01 Akhirnya Disedot

Tak Kunjung Surut, Genangan di SDN Tirto 01 Akhirnya Disedot

POMPA - DPUPR Kota Pekalongan memasang pompa mobile di SDN Tirto 01 untuk menyedot genangan banjir di sekolah tersebut yang tak kunjung surut, Kamis (5/3/2020).

KOTA - Usai menerima laporan terjadinya genangan air yang tak kunjung surut, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Pekalongan langsung bergerak melakukan penanganan genangan air dengan memasang pompa mobile di salah satu sekolah terdampak banjir yakni di SD Negeri Tirto 01, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Kamis (5/3/2020).

Plt Kepala Seksi Irigasi dan Drainase pada DPUPR, Yusfrida Kristiyadi mengungkapkan bahwa pihaknya usai menerima laporan bersama tim langsung menyurvei lokasi SDN Tirto 01. Survei dilakukan untuk menentukan lokasi pompa mobile yang akan digunakan untuk menyedot genangan air yang menggenangi SD yang terletak di depan Jalan Pantura tersebut.

Dari hasil survei di lokasi, pompa mobile akan dipasang di pojok sebelah barat sekolah tersebut yang merupakan titik paling rendah.

"Pompa mobile yang ada di DPUPR sendiri hanya ada tiga pompa yaitu pompa yang dipasang di daerah Slamaran satu buah dan dua buah di Kelurahan Tirto. Untuk penanganan sementara di sekolah terdampak banjir ini, setelah kami koordinasikan dengan pimpinan dan warga, kami akhirnya menggunakan pompa yang telah dipasang dibelakang CPM Tirto dipindahkan sementara ke sini untuk penanganan sementara agar genangan SD ini bisa surut," terang Yusfrida.

Satu pompa mobile yang dipasang di SD tersebut berukuran 6 inci dengan kapasitas 50 liter per detik untuk menyedot genangan air yang masih menggenangi sekitar 30-40 sentimeter.

"Kami telah mencari titik-titik lubang air yang masuk dari belakang kemudian akan kami tutup terlebih dahulu agar dari arah utara tidak masuk ke selatan sekolah sehingga bisa langsung disedot. Penyedotan air dengan pompa mobile ini diperkirakan bisa selesai 1-2 hari sehingga setelah penyedotan air ini anak-anak bisa merasa nyaman untuk belajar," imbuh Yusfrida.

Kepala SDN Tirto 01 Kota Pekalongan, Dian Januari mengapresiasi langkah tanggap dari DPUPR Kota Pekalongan atas masukan pengusulan penyedotan genangan air di sekolahnya dengan menggunakan pompa mobile tersebut. Diakui Dian, saat banjir melanda Kota Pekalongan sejak lebih sepekan lalu, hampir semua ruangan di SDN Tirto 01 terkena imbas banjir tersebut dan volume air sulit surut.

"Awalnya kami mengajukan proposal pengusulan pompa ke DPUPR karena saat banjir akibat hujan lebat beberapa hari kemarin, sekolah kami terendam hampir semua ruangan dengan ketinggian mulai dari 20-60 sentimeter yang membuat anak didik kami terganggu Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) nya, sehingga kami liburkan selama dua hari dan hari setelahnya KBM tetap berjalan sampai sekarang," ungkap Dian.

Pihaknya berharap dengan adanya pemasangan pompa mobile ini, genangan air di wilayah sekolahnya bisa cepat surut dan anak-anak bisa kembali belajar dengan nyaman dan aman. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: