Inspiratif, Desa Selokarto Kembangkan Wisata Kebun Sehat

Inspiratif, Desa Selokarto Kembangkan Wisata Kebun Sehat

DIALOG - dialog kesehatan menjadi salah satu rangkaian pembukaan Wisata Kebun Sehat Ndeso di Selokarto, kemarin. NOVIA ROCHMAWATI

PECALUNGAN - Sukses dengan program Toko Ndeso, Desa Selokarto, Kecamatan Pecalungan kembali membuat gebrakan, yakni menyulap kebun desa menjadi Wisata Kebun Ndeso. Kebun yang bertempat di Dukuh Wadas itu pun resmi dilaunching, Minggu (24/3).

"Wisata edukasi ini merupakan wisata berbasis potensi yang digarap bersama antara program Rumah Zakat di desa berdaya, Indosat, dan tim lokal tokoo ndeso dengan mengangkat tema sehat desa dan berdaya," terang inisiator program Kebun Sehat Ndeso, Harto.

Dalam launching kali ini, juga digelar dialog interaktif seputar permasalahan kesehatan. Harapannya, ke depan masyarakat juga punya bekal dan info kesehatan serta pemanfaatan tanaman obat untuk menjaga kesehatan. Dialog menghadirkan pakar kesehatan dan praktisi, salah satunya tokoh jamu dari selokarto yang sudah berdedikasi sampai 60 tahun lebih dalam jamu ndeso, Mbah Mistini.

Selain itu, didatangkan pula praktisi herbal thibbun nabawi, Bawon wi hayati serta, Ahli farmasi dari Batang, Fajar Martiningsih.

Launching juga dihadiri perwakilan program Rumah Zakat pusat dari Bandung, Murni Alif Baginda, komisaris Zis Indosat, Sukma dari Jakarta, Branch manager, Ristian dari Semarang, Kades selokerto, Dasari, beserta perangkat desa, Puskesmas Pecalungan, dan kader posyandu, serta toga tomas.

Pihaknya berharap, Wisata Kebun Sehat Ndeso bisa menjadi salah satu destinasi unggulan serta mengenalkan produk lokal seperti jamu yang sekarang kurang diminati anak-anak muda. Atas support berbagai kalangan, Harto optimis, program berdaya bisa berkembang sesuai harapan.

"Kami harap ke depan semakin banyak generasi milenial yang makin paham tentang tanaman obat dan jamu tradisional. Karena ini alami dan aman sekaligus bisa berdayakan potensi lokal," ucapnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: