Peresmian Pasar Ngebrak Bligo, Dulu Kumuh Sekarang Bersih dan Pedagang Sangat Ceria

Peresmian Pasar Ngebrak Bligo, Dulu Kumuh Sekarang Bersih dan Pedagang Sangat Ceria

BELANJA - Usai Meresmikan pasar ngebrak bligo bupati pekalongan asip kholbihi juga menyapa pedagang dan membeli sayur jualannya. RIFKI RISYA

BLIGO - Proyek renovasi Pasar Ngebrak Bligo, Kecamatan Buaran telah selesai pengerjaanya. Pasar yang dulunya kumuh dan akan roboh, sekarang bersih serta bagus, sehingga membuat pedagangnya lebih ceria.

Bupati Pekalongan, KH Asip Kholbihi saat meresmikan pasar Ngebrak Bligo ini dan launching kredit "Nongol" bagi ukm dan ultra mikro, Senin (22/4)berharap agar pedagang dan warga sekitar bisa menjaga pasar, dan meningkatkan ekonomi warga.

Dengan bantuan dana dari pusat yaitu melalui program dana alokasi khusus (DAK) tahun 2018 senilai Rp 1,2 milliar, akhirnya pasar ngebrak bisa selesai dibangun dengan durasi waktu kurang lebih 6 bulan.

"Dulu pasarnya kumuh mau ambruk, sekarang sudah bersih dan pedagangnya ceria semua, mudah-mudahan ini barokah," ucap Bupati Asip.

Menurut Bupati, tidak cuma membangun fisik pasarnya saja, tetapi juga aspek permodalan juga dipermudah dengan program kredit nongol.

"Bekerjasama dengan OJK, BPR dan PD BKK untuk permodalan, kita siapkan skema kredit dengan bunga standar kur yaitu 0,58%," ungkap Bupati Asip.

Kredit nongol dengan bunga yang lebih rendah dari bank tongol, diharapkan bisa membantu pedagang yang hendak mengembangkan usahanya.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Pekalongan Hurip Budi Riyantini menjelaskan, total ada 134 pedagang, terdiri dari 22 pedagang kios dan 112 pedagang los.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: