Perpustakaan Cerah Desa Wonopringgo Sabet Juara 2 Tingkat Provinsi

Perpustakaan Cerah Desa Wonopringgo Sabet Juara 2 Tingkat Provinsi

KAJEN - Kabar gembira datang dari Pemerintah Desa Wonopringgo, Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan. Selain nanti malam akan menggelar Festival 3000 Nasi Goreng, juga ada prestasi lain dari BUMDes Pemdes Wonopringgo, yaitu Perpustakaan Cerah menjadi juara 2 di tingkat Provinsi.

Ketua Perpustakaan Cerah, Ibnu Ziyad menerangkan bahwa proses mengikuti lomba tingkat provinsi sendiri diawali dengan mengisi kuisioner dan dikirimkan ke provinsi. Selanjutnya tim juri memberi pengumuman terkait yang masuk ke 8 besar.

"Jadi ada kemungkinan untuk 2 Perpustakaan tidak menjadi juara, karena ada 6 juara yaitu juara 1,2 dan 3 dan juara harapan 1,2 dan 3. Jadi persaingan tahun ini lebih berat," ujar Ziyad.

Persiapan yang dilakukan Perpustakaan Cerah sendiri mulai dari tempat, pelayanan dan berkas administrasi, karena itu yang paling penting. "Alhamdulillah pengumuman kemarin kita dapat juara 2 tingkat provinsi," kata Ziyad.

Adapun programnya sendiri ada berbagai macam, mulai dari perpustakaan keliling atau open book tempat yang nyaman untuk membaca buku dan juga ada tempat bermain untuk anak-anak. Yang terbaru ada program perpusband, yaitu menyediakan alat musik untuk latihan bagi warga Desa Wonopringgo yang mempunyai bakat atau suka dengan musik.

"Perpusband ini kita tidak ada biaya, gratis, tinggal main saja, sudah kami siapkan alat musiknya untuk menyalurkan bakat musik," terangnya.

Terkait dengan era digital, Perpustakaan Cerah juga sudah menuju ke digitalisasi untuk mempermudah pelayanan. Yaitu dengan cara membuat sistem perpustaakan dalam bentuk website, dan juga menggunakan kartu anggota bagi masyarakat atau member yang ingin meminjam buku, sehingga langsung masuk ke data sistem.

"Setiap buku dipinjam, kami catat dan masukan data serta sinkron dengan kartu anggotanya. Jadi tahu buku itu sedang dipinjam oleh siapa," jelasnya.

Harapan, kedepan Perpustakaan Cerah menjadi lebih bermanfaat bagi masyarakat, dan bisa dimanfaatkan untuk masyarakat, tidak sekedar untuk membaca saja tetapi juga sebagai media informasi sehat bagi masyarakat. "Saya berharap agar tahun depan bisa maju tingkat nasional dan bisa menjadi juara," harapnya.

Kepada Desa Wonopringgo, Slamet Haryanto berharap dengan prestasi yang dicapai oleh Perpustakaan Cerah bisa lebih dikenal oleh masyarakat. Sehingga masyarakat bisa memanfaatkan Perpustakaan, mengingat buku adalah jendela dunia.

"Ini merupakan bukti prestasi dari Pemerintah Desa melalui Perpustakaan Cerah. Semoga bisa menginspirasi dan mengajak masyarakat untuk berprestasi," harap Haryanto.

Terpisah, Haryanto mewakili Pemerintah Desa Wonopringo mengucapkan selamat Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke-397 dan semoga kedepan bisa lebih maju lagi, warganya selalu memilih pemimpin yang amanah dan berkualitas bukan memilih pemimpin yang membagi anduman uang.

Infomasi Tambahan lain, bahwa nanti malam akan diadakan Festival 3000 Nasi Goreng dan juga peresmian Tugu Kampung Nasi Goreng. Ada panggung hiburan dan pagelaran wayang golek oleh Ki Dalang Wahyudin. (rir)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: