Promosikan Potensi Desanya, Kebongembong Gelar Festival Durian

Promosikan Potensi Desanya, Kebongembong Gelar Festival Durian

LEPAS BALON - Bupati Dico M Ganinduto bersiap melepas balon sebagai tanda dibukanya Festival Durian Lokal di Desa Kebongembong, Pageruyung, Minggu (29/1/2023).--

KENDAL - Untuk pertama kalinya, Pemerintah Desa Kebongembong, Kecamatan Pageruyung Kendal menggelar Festival Durian Lokal di desanya, Minggu (29/1/2023). Event ini dihadirkan untuk mengenalkan nama desa mereka sebagai penghasil buah durian yang melimpah. 

 

Kepala Desa Kebongembong, M Fahrurozi As'ary, mengatakan bahwa Festival Durian Lokal ini merupakan event perdana yang digelar desanya. Tujuannya adalah memperkenalkan potensi Desa Kebongembong sebagai penghasil durian di Kabupaten Kendal.

 

"Karena di desa ini banyak petani durian sehingga dengan diadakannya festival akan mengangkat keunggulan durian di Desa Kebongembong ini. Karena hampir setiap KK di Kebongembong ini punya pohon durian," ungkapnya.

 

Bahkan, jak tiga tahunan ini masyarakat Desa Kebongembon juga menanam varian durian pelangi, dan rencananya akan dibudidayakan oleh beberapa kelompok tani setempat.

 

Festival durian ini pun mendapatkan perhatian dan apresiasi dari Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, yang menyempatkan datang ke Desa Kebongembong. Bupati mengaku bangga karena setiap desa kini memiliki potensi khas, baik hasil perkebunan/pertanian maupun kerajinan.

 

"Kegiatan ini sangat baik tentunya dan positif. Dengan adanya ini semoga durian Kebongembong bisa menjadi potensi perekonomian warga setempat. Kemudian ke depan mungkin bisa dikembangkan lagi UMKM tentang durian," ujar Bupati Dico.

 

Dikatakan Bupati, peran UMKM amat dibutuhkan dalam mengelola potensi dari durian lokal Kebongembong. Pihaknya baru menemukan satu UMKM yang mengelola usaha dodol durian. (red/sef)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: