Festival Durian Kabupaten Pekalongan Tahun 2024 Ricuh

Festival Durian Kabupaten Pekalongan Tahun 2024 Ricuh

Festival Durian Kabupaten Pekalongan tahun 2024 di Alun-alun Kajen ricuh, Minggu, 14 Januari 2024.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Festival Durian Kabupaten Pekalongan tahun 2024 yang diselenggarakan di Alun-alun Kota Kajen berlangsung ricuh, Minggu, 14 Januari 2024. Warga saling dorong dan berdesak-desakan untuk memperebutkan gunungan durian yang dipusatkan di tengah lapangan alun-alun. 

Akibat saling dorong dan berdesak-desakan untuk memperebutkan buah durian, tak sedikit warga yang pingsan dan mengalami luka-luka. Baik itu anak-anak hingga orang dewasa.

Hingga Minggu sore, sedikitnya ada lima korban yang dilarikan ke RSUD Kajen. Tak ada luka serius, kelimanya menjalani rawat jalan.

Selain banyak memakan korban akibat aksi saling dorong dan berdesak-desakan, tak sedikit pula pengunjung festival ini menjadi korban pencopetan, baik itu handphone maupun dompet. 

Baca juga:Festival Durian Doro 2024, Bupati Fadia Sarankan Durian Pekalongan Punya Nama Khusus

"Saya kan disurung-surung. Tadi mau keluar. Pas sudah di luar, tas terbuka. Adanya cuma casingnya doang, ndak ada Hp-nya," tutur Yunis Mei Saputri, salah satu korban pencopetan dari Kesesi.

Beberapa anak juga terlepas dari pengawasan orangtuanya. Sehingga mereka menangis di tengah kerumunan massa yang jumlahnya sangat banyak.

Beberapa kali, pemandu acara tampak mengumumkan orangtua mencari anaknya atau informasi mengenai anak yang berpisah dengan orangtuanya.

Antusias masyarakat untuk mengunjungi Festival Durian Kabupaten Pekalongan tahun 2024 begitu luar biasa. Diperkirakan lebih dari 20 ribu orang memadati Alun-alun Kajen dan sekitarnya.

Baca lagi:Festival Durian Kabupaten Pekalongan di Alun-alun Kajen Sediakan 2.000 Buah Durian Gratis

Mereka tak hanya dari Kabupaten Pekalongan. Banyak pengunjung dari luar daerah seperti dari Pemalang, Kota Pemalang dan Batang.

Festival durian ini memang rutin diselenggarakan tiap tahun. Biasanya, festival dipusatkan di Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar. Namun, pada tahun 2024 ini, festival durian diselenggarakan di Alun-alun Kajen.

Sejak pukul 06.30 WIB, ribuan warga tampak sudah berada di depan panggung tempat festival durian dipusatkan. Di lokasi itu, tampak ada dua gunungan durian berukuran besar. Di sisi timur atau di depan panggung, dan di tengah lapangan. Sesuai jadwal, festival durian dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB. Namun, baru dimulai sekitar pukul 10.00 WIB.

Di awal festival, semuanya masih berjalan tertib. Bupati Pekalongan Fadia Arafiq dan unsur Forkompinda menjadi juri kehormatan dalam festival durian unggulan di ajang ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: