Festival Durian Kabupaten Pekalongan Tahun 2024 Ricuh

Festival Durian Kabupaten Pekalongan Tahun 2024 Ricuh

Festival Durian Kabupaten Pekalongan tahun 2024 di Alun-alun Kajen ricuh, Minggu, 14 Januari 2024.-Hadi Waluyo-

Baca juga:Festival Durian Doro Dibuka Bupati Pekalongan Fadia Pagi Ini, Digelar 2 Hari, Ada Ribuan Durian Gratis

Selanjutnya, arak-arakan gunungan durian dari 19 kecamatan di Kabupaten Pekalongan mulai memasuki lapangan satu persatu. Arak-arakan ini berjalan dari lapangan belakang setda. 

Prosesi arak-arakan gunungan durian dari 19 kecamatan ini belum semuanya masuk ke lapangan, massa sudah tak sabaran. Massa tampak bergerak untuk mengambil buah durian.

Kericuhan dimulai di dekat gunungan di tengah lapangan. Warga mulai memperebutkan gunungan dari tiap kecamatan dan buah durian yang berada di gunungan di tengah lapangan.

Tak lama setelahnya para pengunjung festival merangsek untuk memperebutkan durian yang berada di dua gunungan besar di sisi timur dan di tengah lapangan. Meskipun petugas sudah berusaha menghalau dan memperingatkan massa untuk tidak memperebutkan durian lantaran prosesi pembukaan festival durian belum selesai.

Baca lagi:Siap Berpesta Durian? Pemkab Pekalongan Akan Gelar Festival Durian di Alun-alun Kajen

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq pun belum memberikan sambutannya di acara ini. Doa penutup juga belum dilantunkan.

Massa yang sudah tidak sabar menjebol pagar pengaman. Beberapa warga tampak terdorong dan beberapa diantaranya terinjak-injak. Petugas, polisi, dan warga lainnya pun banyak yang sibuk menyelamatkan anak-anak dan emak-emak agar tak terinjak-injak.

Kapolres Pekalongan AKBP Wahyu Rohadi, mengatakan, festival durian diselenggarakan setiap tahun di Kabupaten Pekalongan. Polres Pekalongan menerjunkan sekitar 150 personel untuk mengamankan jalannya festival tersebut.

"Kita sudah siap sejak dari kegiatan pagi. Cuma pada saat pelaksanaan kirab dan gunungan-gunungan yang tiap tahunnya setelah acara dibuka dan gunungan itu diperebutkan oleh masyarakat, karena begitu antusiasnya masyarakat, di luar prediksi kita juga yang jumlah massanya membludak sehingga tadi acaranya ada sedikit keributan," ujar Kapolres Pekalongan.

Menurutnya, ada dua gunungan yang disiapkan oleh panitia. Meski sempat ada keributan, pada akhirnya semua kegiatan di festival itu bisa diamankan dengan baik.

"Kita sterilisasi di panggung, di pintu-pintu masuk dan di jalan-jalan raya. Kalau untuk gunungan-gunungan yang ada di lokasi itu dari panitia," kata dia.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pekalongan Abdul Baqi menyampaikan, panitia sudah menerjunkan pengamanan dari kepolisian, Satpol PP dan TNI. Menurutnya, untuk korban yang mengalami luka-luka akan diurus oleh pemkab. Pihaknya kedepan akan melakukan evaluasi agar pelaksanaan festival tahun depan lebih baik lagi. 

"Saya prediksinya 10 ribu, tapi yang datang ternyata lebih," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: