Komisi C Usulkan Pembentukan UPTD di Dinsos P2KB

Komisi C Usulkan Pembentukan UPTD di Dinsos P2KB

RAPAT KERJA - Komisi C DPRD Kota Pekalongan menggelar rapat kerja bersama Dinsos P2KB, Rabu (1/2/2023).--

KOTA - Komisi C DPRD Kota Pekalongan mengusulkan agar Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P2KB) membentuk Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) yang khusus menangani masalah kemiskinan dan bantuan sosial. Usulan itu menjadi salah satu rekomendasi dalam rapat kerja Komisi C bersama Dinsos P2KB, Rabu (1/2/2023).

 

Pembentukan UPTD dibutuhkan karena masalah kemiskinan dan bantuan sosial yang ditangani Dinsos P2KB sangat banyak. Sedangkan tenaga yang menangani terbilang masih sedikit. "Salah satu rekomendasi kami agar Dinsos bisa membentuk UPTD khusus untuk menangani masalah kemiskinan. Ini memungkinkan (untuk dibentuk)," ungkap Ketua Komisi C, Mofid yang ditemui usai rapat kerja.

 

Dengan pembentukan UPTD, lanjut Mofid, penanganan dan pelayanan terkait kemiskinan serta bansos bisa lebih maksimal. "Nanti yang bertugas di UPTD harus orang-orang yang memiliki kemampuan sehingga pelayanannya dapat lebih baik lagi," tambahnya.

 

Sementara Koordinator Komisi C yang juga Wakil Ketua DPRD, Nusron menjelaskan, pekerjaan Dinsos P2KB luar biasa banyak, khususnya dalam penanganan kemiskinan dan bansos. "Pekerjaan Dinsos ini luar biasa banyak tapi tenaganya sedikit. Di Dinas Pariwisata saja bisa membentuk UPTD, jadi Dinsos harus ada UPTD khusus untuk menangani kemiskinan," tuturnya.

 

Sehingga urusan terkait bansos mulai dari PKH, rekomendasi BPJS Kesehatan, KJS, dan berbagai bantuan lain bisa dialihkan penanganannya di UPTD tersebut. "Dibuat tempat yang nyaman, jangan seadanya. Jangan nanti hanya bertempat di gudang saja. Karena apa, yang akan dilayani ini adalah orang-orang miskin," tambahnya.

 

Nusron juga berpesan agar Dinsos memperbanyak merekrut tenaga kerja yang memiliki skill dan kemampuan. Agar pelayanan kepada warga miskin ini menjadi tepat sasaran dan optimal. "Sehingga semua bisa ditangani dengan baik," kata politisi PKB itu.(nul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: