Jadi Program SMK Pusat Keunggulan, Tidak Kaget dengan IKM

Jadi Program SMK Pusat Keunggulan, Tidak Kaget dengan IKM

DOK - Kegiatan ekspo kampus SMK Syafi'i Akrom.--

*SMK Syafi'i Akrom 

 

PEKALONGAN - Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang tahun ini akan dilaksanakan serempak, tidak membuat SMK Syafi'i Akrom kelimpungan. Selain karena memang sudah 2 tahun melaksanakan IKM, SMK yang berada ditengah-tengah lingkungan Pondok Pesantren (Ponpes) ini sudah masuk kedalam sekolah Program SMK Pusat Keunggulan.

 

Dijelaskan Kepala SMK Syafi'i Akrom, Wahyudi, bahwa pihaknya sudah mendapatkan gelar SMK pusat keunggulan pada tahun 2020 dengan gelar center of excellent center of excellent ini, dimana ini merupakan satu program Kemendikbudristek yang penyeleksiannya diikuti oleh nasional. Setelah lolos sekolah harus melaksanakan berbagai macam program termasuk bidang kurikulum yaitu penyesuaian Kurikulum dengan Kurikulum industri. Bahkan tidak hanya siswanya saja yang magang namun juga gurunya ikut magang hingga ketataran teknis.

 

"Kita juga mendatangkan guru tamu dari perusahaan-perusahaan, tidak hanya kita jalankan  guru dan siswanya magang. Tapi kurikulumnya juga kita sinkronkan antara kurikulum di sekolah dengan kurikulum di perusahaan,nah sampai akhirnya peralatan dan sarprasnya pun kita adopsi," terang Wahyudi.

 

Ditambahkan, pada tahun pertama 2021 SMK Syafi'i Akrom mendapatkan program di bidang Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dengan program fiber optik. Karena hal tersebut cukup baru maka guru-guru TKJ dari SMK Syafi'i Akrom diutus untuk magang di Perusahaan bahan ikut memasang alat-alatnya.

 

"Nah ini yang dinamakan sinkronisasi kurikulum sehingga guru yang akan mengajarkan kepada siswa itu benar-benar sudah praktek dan peralatan serta gedungnya juga mendapatkan bantuan Perusahaan," jelasnya.

 

Jadi, pihaknya mengaku tidak terlalu kaget dengan IKM, meski sempat menemui kesulitan diawal namun dasar-dasar dari kurikulum sudah sesuai dengan program-program yang ada di SMK Syafi'i Akrom. (mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: