Ingin Sukses Jadi Pengusaha ?, Simak Tips dari Wali Kota Pekalongan Ini

Ingin Sukses Jadi Pengusaha ?, Simak Tips dari Wali Kota Pekalongan Ini

PELATIHAN - Peserta pelatihan kewirausahaan bagi wirausaha pemula yang diinisiasi oleh Dindagkop-UKM di Hotel Dafam Kota Pekalongan--

 

KOTA – Sebelum menjadi Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid SE merupakan pengusaha sukses yang berhasil mengendalikan banyak perusahaan. Namun, karena harus mengemban amanat sebagai kepala daerah, untuk sementara pengelolaan perusahaannya diserahkan kepada orang kepercayaanya.

 

Dalam kegiatan pelatihan Kewirausahaan Bagi Wirausaha Pemula yang diinisiasi oleh Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Dindagkop-UKM) di Hotel Dafam Kota Pekalongan, Wali Kota Aaf berbagi tips atau strategi menjadi wirausaha atau pengusaha yang sukses dan berhasil mengelola usaha.

 

Menurutnya, membangun jiwa kewirausahaan harus dimulai dari adanya kesadaran bahwa jiwa kewirausahaan dapat ditumbuhkan melalui berbagai cara dan strategi.

 

“Wirausaha bukan semata-mata masalah bakat (meskipun bakat tetap merupakan faktor penting), tetapi juga sebuah motivasi, perjuangan dan keinginan yang kuat untuk mewujudkannya,” ucapnya.

 

Dijelaskannya, berwirausaha memang tak cukup hanya bermodalkan rasa ingin belaka. Berwirausaha harus merupakan pilihan, lalu menetapkan langkah pasti dan teguh dalam menjalaninya. Idealnya, komitmen dan konsistensi itu harus terus dijaga apapun ujiannya, apapun godaannya, dan apapun hasilnya. Apalagi tingkat persaingan usaha dan perilaku pasar semakin dinamis.

 

“Wirausahawan tidak boleh takut untuk melangkah, harus memiliki keyakinan, cita-cita untuk menjadi besar diawali dengan langkah-langkah kecil,” pesannya.

 

Wali Kota Aaf menyampaikan, UMKM menjadi salah satu sektor andalan daerah karena kreativitas yang digali oleh masyarakat terutama kalangan anak-anak muda, salah satunya dengan membuat aneka olahan makanan dan minuman cita rasa kekinian yang saat ini tengah kini digandrungi anak-anak muda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: