Satu Abad NU, Wasekjen PBNU dan Ribuan Nahdliyin Ziarahi Makam Kakek Ganjar di Ponpes Kalijaran

Satu Abad NU, Wasekjen PBNU dan Ribuan Nahdliyin Ziarahi Makam Kakek Ganjar di Ponpes Kalijaran

Wakil Sekretaris Jendral PBNU Isfandiari Mahbub Djunaidi bersama para kiai dan ribuan nahdliyin berziarah ke makam KH Hisyam Abdul Karim.-istimewa -

PURBALINGGA - Wakil Sekretaris Jendral PBNU Isfandiari Mahbub Djunaidi bersama para kiai dan ribuan nahdliyin berziarah ke makam KH Hisyam Abdul Karim, pendiri Pondok Pesantren Roudlatus Sholichin Kalijaran, Kecamatan Karanganyar, Purbalingga, Minggu (5/2/2023). 

 

Kegiatan tahlil dan doa bersama itu merupakan rangkaian peringatan Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Kabupaten Purbalingga.

 

KH Hisyam Abdul Karim adalah sosok ulama kharismatik, yang berperan penting dalam syiar Islam melalui NU. Kakek dari Siti Atikoh istri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo itu mendirikan Ponpes Roudlotus Sholichin sejak 1929 silam. Saat ini, ponpes tersebut diasuh oleh KH Achmad Musta'id Billah, paman dari Siti Atikoh.

 

Selama hidupnya, ulama yang akrab disapa Mbah Hisyam itu berkhidmat di NU dengan menjadi Ra'is Aam PCNU Purbalingga selama tiga kali periode. Bahkan, ia pernah dihadiahi kitab Al Muwattha' oleh KH Hasyim Asy'ari, pendiri NU.

 

Isfandiari menunjukkan keakraban dengan menggandeng KH Achmad Musta'id Billah saat berjalan menuju makam Mbah Hisyam yang berlokasi di barat Masjid Al Irsyad komplek pesantren. Setibanya di makam, mereka kemudian membaca tahlil dan doa bersama.

 

"Mbah Hisyam itu orang istimewa bagi  Purbalingga dan benar-benar harus diingat riwayat serta biografinya oleh anak-anak, nahdliyin terutama," ujar Isfandiari.

 

Kegiatan ziarah dalam rangkaian peringatan Harlah 1 Abad NU itu sebagai upaya mengenang sekaligus mengenalkan sosok pejuang NU.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: