Operasi Pasar Beras Murah Diserbu Warga

Operasi Pasar Beras Murah Diserbu Warga

BERAS MURAH - Warga membeli beras medium dengan harga di bawah HET di operasi pasar beras murah di kantor Kecamatan Pekalongan Selatan, Selasa (14/2/2023).-wahyu hidayat-

KOTA - Operasi pasar beras murah yang digelar Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Dindagkop-UKM) Kota Pekalongan di Kantor Kecamatan Pekalongan Selatan pada Selasa (14/2/2023) diserbu warga.

 

Warga datang ke lokasi operasi pasar untuk bisa membeli beras kualitas medium dengan harga di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET).

 

Kepala Bidang Perdagangan Dindagkop-UKM, Junaenah, mengatakan operasi pasar beras murah ini bekerja sama dengan Perum Bulog. Rencananya akan digelar hingga 17 Februari mendatang, berlokasi di 4 kantor kecamatan di Kota Pekalongan.

 

Adapun jadwal dan lokasinya, pada 14 Februari akan digelar di Kantor Kecamatan Pekalongan Selatan, 15 Februari di Kecamatan Pekalongan Timur, 16 Februari di Kecamatan Pekalongan Utara, dan 17 Februari di Kecamatan Pekalongan Barat. "Kegiatan dimulai dari pukul 08.30 sampai 10.30 WIB," kata Junaenah.

 

Dalam operasi pasar beras murah ini disediakan 1.600 pack untuk 4 kecamatan, dimana setiap kecamatannya distribusikan sebanyak 400 pack dengan kemasan beras 5 kg. Tiap pack kemasan 5 kg yang dijual di operasi pasar ini harganya di bawah HET, yakni Rp43 ribu/5 kg. Jika sesuai HET, harga per kilonya untuk beras medium mencapai Rp9.450.

 

"Hal ini dilakukan sebagai upaya kami untuk menstabilkan harga beras sesuai HET. Sebab, untuk harga beras medium di pasaran harganya rata-rata Rp11 ribu padahal HET nya Rp9.450/kg. Oleh karena itu, kami berupaya membantu masyarakat Kota Pekalongan dengan membuka operasi pasar murah beras medium sebagai langkah upaya mengendalikan harga komoditas beras di pasaran," ungkapnya.

 

Camat Pekalongan Selatan, Rusmani Budiharjo menyambut baik adanya kegiatan operasi pasar murah khusus beras ini. Kegiatan tersebut sebelumnya telah disosialisasikan melalui media sosia yang dimiliki Kecamatan Pekalongan Selatan. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: