Dua Granat Temuan Warga Dimusnahkan dengan Cara Diledakan

Dua Granat Temuan Warga Dimusnahkan dengan Cara Diledakan

SERPIHAN GRANAT - Tim Jibom Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Jateng menunjukkan serpihan granat nanas yang baru saja selesai diledakkan, Senin siang (20/2/2023).-Wahyu Hidayat-

 

Kemudian, warga bernama Wilsa itu menghubungi Babinsa setempat, Serka Alosius Jawa. "Setelah itu laporan secara prosedural, lalu kita amankan barang-barang tersebut," imbuh Dandim.

 

Dari hasil pemeriksaan, diduga dua granat nanas tersebut masih aktif. Meski sudah berkarat, kondisinya masih terkunci atau tersegel.

 

Sedangkan sepucuk pistol yang ditemukan, adalah pistol berkaliber 6,35, buatan antara tahun 1908 hingga 1930. Saat ini sudah tidak diproduksi lagi. "Sekarang pun TNI sudah tidak pakai pistol ini. Ini memang peninggalan zaman perjuangan," imbuh Dandim.

 

Sementara itu, Wilsa, mengatakan dirinya sebelumnya tidak tahu kalau di rumahnya ada granat dan pistol. "Yang tahu pertama ya tukang rongsok itu. Saat membersihkan loteng. Dia bilang ke saya, di atas ada dua granat. Ada di rak kecil di loteng," katanya.

 

Wilsa menduga kalau granat dan pistol itu peninggalan kakeknya. Kakeknya dulu merupakan seorang pejuang dan sudah lama meninggal dunia.

 

Sesaat setelah mengetahui ada granat dan pistol itu, Wilsa langsung menghubungi Serka Alosius Jawa, anggota Babinsa Padukuhan Kraton Koramil Pekalongan Urara, yang kemudian secara berjenjang dilaporkan ke Koramil dan Kodim Pekalongan. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: granat