Bawaslu Siap Kawal Hak Pilih hingga Pelosok

Bawaslu Siap Kawal Hak Pilih hingga Pelosok

LAUNCHING - Bawaslu Batang saat menggelar Apel Launching Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih. -Novia Rochmawati-

*Per 27 Februari 2023-14 Februari 2024

 

BATANG - Mulai 27 Februari, Bawaslu Batang memulai patroli pengawasan kawal hak pilih. Patroli ini pun ditandai dengan adanya apel yang diikuti anggota Bawaslu Batang dan perwakilan Pengawas Kecamatan, Senin (27/2/2023) di Halaman Kantor Bawaslu Batang

 

Patroli ini diharapkan menjadi upaya jemput bola Bawaslu khususnya dalam mengawal hak pilih masyarakat Batang. Baik itu dari masyarakat rentan, masyarakat pelosok dan seluruh elemen masyarakat yang punya hak pilih dalam Pemilu 2023. 

 

"Jadi kami tak hanya mengawal dengan membuka posko aduan kawal hak pilih, tapi mulai hari ini hingga 14 Februari 2024 mendatang, kami akan mengawal hak pilih. Kami harus pastikan data pemilih itu valid, karena menjadi penentu dari hasil Pemilu," ujar Ketua Bawaslu Batang, Mahbrur saat diwawancarai usai apel. 

 

Pihaknya pun saat ini tengah memetakan beberapa potensi munculnya pemilih baru, seperti di daerah kawasan industri. Selain itu pihaknya akan mengawal hak pilih masyarakat perbatasan atau yang terisolasi. 

 

Kordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Batang, Khikmatun menyebut, ada beberapa poin penting dalam kegiatan kali ini. Pertama, memastikan agar KPU melakukan saran perbaikan yang diberikan oleh Bawaslu. Kedua, melakukan sosialisasi masif kepada masyarakat untuk menggugah status hak pilih. 

 

Ketiga, Bawaslu akan mengawal hak pilih dan menemui kelompok-kelompok rentan. Seperti disabilitas, pemilih perempuan, dan lainnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: