Abrasi di Kabupaten Kendal Kian Parah, Ini yang Dilakukan TNI-POLRI

Abrasi di Kabupaten Kendal Kian Parah, Ini yang Dilakukan TNI-POLRI

TANAM MANGROVE - TNI, polri dan warga serta perangkat desa tanam bibit mangrove di pantai jomblom. -Nur Kholid-

 

KENDAL - Terjangan rob semakin menjadi ancaman serius bagi kelangsungan kawasan pesisir Pantai Utara Jawa. Mengingat permukaan air laut terus mengalami kenaikan karena fenomena pemanasan global, maka rab dipastikan tetap menjadi ancaman masa depan.

 

Saat ini sejumlah wilayah di pesisir Pantura Jawa Kabupaten Kendal juga telah menjadi langganan banjir rob. Salah satunya di kawasan Pantai  Jomblom, Desa Kotowelanganyar, Kecamatan Cepiring. Karena itu, untuk mencegah meluasnya abrasi, warga bersama unsur TNI dan Polri dan perangkat desa setempat bari-baru ini melakukan aksi penanaman bibit mangrove di Pantai Jomblom. 

 

Rob kerap melanda pesisir pantai Utara Jawa. Seperti terjadi di Pantai  Jomblom, Desa Kotowelanganyar, Kecamatan Cepiring. Untuk mencegah abrasi meluas, sebanyak 1.000 tanaman bibit mangrove ditanam warga bersama TNI, Polri dan perangkat desa setempat di pantai tersebut. 

 

Danramil 05/Cepiring Kodim 0715/Kendal, Kapten Inf Siswanto mengatakan,, kegiatan penanaman bibit Mangrove di pesisir Pantai Jomblom Desa Korowelanganyar itu mencakup 1.000 bibit mangrove. Tanaman penghalau ombak ini ditanam sepanjang 500 meter, dengan harapan mampu mencegah meluasnya abrasi.

 

"Tadi apel bersama Koramil dan polsek Cepiring bertempat di Makoramil 05/Cepiring kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan penanaman bibit pohon mangrove di pantai jomblom Desa Korowelanganyar Kecamatan Cepiring sebanyak 1.000 pohon dengan sasar 500 meter", kata Kapten Inf Siswanto. (lid)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: