Fasilitas Daur Ulang Sampah Raksasa Siap Dibangun di Kendal

Fasilitas Daur Ulang Sampah Raksasa Siap Dibangun di Kendal

NOTA KESEPAHAMAN - Bupati Dico M Ganinduto didampingi Sekda Kendal Sugiono menunjukkan dokumen MoU untuk investasi pembangunan fasilitas daur ulang sampah plastik di Kendal. -red/sef-

KENDAL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal siap membangun sebuah fasilitas daur ulang sampah plastik terbesar di Asia Tenggara.  Fasilitas berteknologi modern ini akan dibangun dengan investasi senilai Rp 700 miliar di atas lahan seluas 2,5 hektar.

 

Kabar baik ini diperoleh usai lawatan Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dan tim ke Hongkong, baru-baru ini. Dari kunjungan kerja tersebut, Bupati Dico mendapatkan komitmen investasi senilai Rp 700 miliar untuk pengembangan fasilitas daur ulang sampah plastik dan elektronik.

 

Bupati yang didampingi Sekda Kendal, Sugiono, pun menandatangani Nota Kesepahaman dengan PT Alba Tridi Plastics Recycling Indonesia mengenai pengelolaan sampah plastik di Kendal. Penandatanganan ini juga disaksikan oleh Konsul Ekonomi 2, KJRI Hong Kong, Yomi Eka Putra.

 

Bupati dan rombongan juga berkesempatan melihat langsung fasilitas pengolahan sampah plastik New Life Plastic, Ltd (NPL) dan pengolahan sampah elektronik, Waste Electrical and Electronic (WEE) Park di Hong Kong.

 

Dikonfirmasi terkait hal ini pada Senin (20/3/2023) kemarin, Bupati Dico pun membenarkan rencana investasi tersebut. Dia menyebut kegiatan lawatannya ke luar negeri harus selalu membawa hasil yang konkret bagi Kabupaten Kendal

 

"Jadi tidak hanya memperkuat hubungan bilateral, tetapi yang terpenting membawa investasi bagi Kabupaten Kendal," ujarnya.

 

Terkait rencana investasi pengembangan fasilitas daur ulang sampah plastik, Bupati Dico menyebut ada tiga nilai tambah yang bakal diperoleh, yakni nilai ekonomi, kepedulian lingkungan, serta meningkatkan SDM.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: