Masyarakat Mulai Bisa Tukarkan Uang Baru untuk Lebaran

Masyarakat Mulai Bisa Tukarkan Uang Baru untuk Lebaran

SIMBOLIS - Wali Kota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid bersama Kepala KPW BI Tegal, M Taufik Amrozy secara simbolis membuka gerai penukaran uang, Senin (27/3/2023)-Ainul Atho-

KOTA - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal mulai membuka gerai penukaran uang pecahan untuk kebutuhan Ramadan dan Idulfitri di wilayah eks Karesidenan Pekalongan.

 

Peresmian pembukaan gerai penukaran uang ditandai dengan pelepasan mobil perbankan yang akan melayani penukaran uang, Senin (27/3/2023) di halaman Setda Kota Pekalongan.

 

Kepala KPW BI Tegal, M Taufik Amrozy mengatakan, ada 18 mobil kas keliling dari sejumlah bank negara dan swasta, serta koperasi di Kota Pekalongan yang membuka layanan penukaran uang baru bagi kebutuhan lebaran.

 

"Untuk kebutuhan Lebaran tahun ini, KPw BI Tegal menyediakan Rp 5,04 Triliun uang kertas baru. Jumlah itu lebih banyak Rp 300 miliar dibandingkan dengan tahun sebelumnya," katanya.

 

BI Tegal juga menambah jumlah titik layanan penukaran uang  baru dari yang sebelumnya 72 titik sekarang menjadi 108 titik se eks Karesidenan Pekalongan. "Adapun, untuk layanan penukaran uang kertas baru akan berlangsung mulai hari ini hingga H-1 lebaran dengan batasan penukaran maksimal Rp 3,8 juta," imbuhnya.

 

Selain melalui 72 titik yang sudah disebutkan, masyarakat juga dapat melakukan penukaran uang pecahan kecil melalui layanan kas keliling Bank Indonesia Tegal dimana masyarakat dapat melakukan pemesanan terlebih dahulu melalui web https://pintar.bi.go.id sesuai jadwal yg telah ditetapkan.

 

Dalam realisasi penukarannya, masyarakat juga harus menyertakan bukti pemesanan serta KTP adapun ketentuan tambahan adalah 1 orang penukar hanya bisa mewakili 2 KTP. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa distirbusi uang kepada masyarakat tepat sasaran dan merata. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: