Senderan Jalan Longsor Timpa Dua Rumah

Senderan Jalan Longsor Timpa Dua Rumah

TERDAMPAK LONGSOR - Tanah longsor senderan jalan yang terjadi di Desa Getinggunung, Kecamatan Sokorejo, Senin (27/3/2023) kemarin, menimpa dua rumah warga. -Nur Kholid-

*TNI-Polri, BPBD dan Warga Bersihkan Sisa Material

 

KENDAL - Usai peristiwa tanah longsor senderan jalan yang yang menimpa dua rumah pada Senin (27/3/2023) kemarin di Desa Getinggunung, Kecamatan Sokorejo, Kendal, TNI, Polri, BPBD bersama warga melakukan karya bakti membersihkan sisa material longsor, Selasa (28/3/2023).

 

Diketahui, longsor senderan jalan ini mengakibatkan dua rumah warga jadi korban. Yang pertama rumah Dul Mukit alami porak poranda pada bagian dapur, kamar mandi, dan tempat tidur akibat tebing setinggi 15 meter tersebut ambrol. Sementara rumah kedua adalah milik Tumpuk Supriyono, di mana bagian terasnya dihantam material longsor. 

 

Adapun giat bakti sosial dilakukan dengan membersihkan material longsor yang menimpa dua rumah sekaligus membantu memindahkan perabotan yang tertimbun tanah. Informasi yang didapat, bencana alam tanah longsor ini terjadi saat hujan deras mengguyur wilayah Desa Gentinggunung sejak Senin siang hingga malam hari. Menurut  warga, tanah yang longsor ini merupakan senderan beton sepanjang 25 meter dengan ketinggian 6 meter serta tebing setinggi 15 meter, material longsor ini menimbun dua rumah warga. Tak ada korban jiwa, namun kerugian materi diperkirakan mencapai Rp 80 juta.

 

Kapolsek Sukorejo, AKP Agus Supriyadi mengimbau kepada warga yang tinggal di daerah rawan longsor untuk meningkatkan kewaspadaan, saat ini intensitas hujan masih tinggi, sehingga potensi terjadinya longsor masih terbuka. "Warga agar meningkatkan kewaspadaannya karena kejadian serupa bisa terjadi sewaktu-waktu," katanya.

 

Pada kesempatan terpisah, Kapolres Kendal AKBP Jamal Alam  membenarkan telah terjadi tanah longsor di wilayah Desa Gentinggunung Kecamatan Sukorejo. Ia meminta untuk terus memantau perkembangan situasi, baik kemungkinan terjadinya longsor susulan, maupun kondisi buruk lainnya

 

”Saya minta kepada Kapolsek Sukorejo dan anggota untuk memonitor perkembangan situasinya, jika terjadi sesuatu agar segera dilaporkan untuk di tindak lanjuti,” ungkapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: