Sambut Lailatul Qadar, WBP Lapas Batang Diajak Giat Beramal

Sambut Lailatul Qadar, WBP Lapas Batang Diajak Giat Beramal

SAMPAIKAN CERAMAH - Ustaz Muhammad Yahya dari Pekalongan saat memberikan ceramah -Novia Rochmawati-

Batang - Warga Binaan Lapas Batang pada Ramadan kali ini diajak untuk mempersiapkan diri, sehingga diharapkan meraih Lailatul Qadar. Lapas Kelas IIB Batang menghadirkan para ustaz berkompeten dari Yayasan Jendela Habaib untuk menyampaikan tausiyah, agar dapat meraih pahala sebanyak mungkin.

 

Kegiatan tausiah digelar seusai melaksanakan salat tarawih dan witir berjamaah bersama puluhan WBP atau santri Darut Taubah. Penceramah, Ustaz Muhammad Yahya dari Pekalongan. Diharapkan WBP dapat memanfaatkan waktunya selama di bulan suci dengan aktivitas keagamaan yang Insyaallah akan mendatangkan pahala. Terlebih dilakukan saat malam Lailatul Qadar, yang pahalanya sama seperti seribu bulan atau setara 83 tahun.

 

“Salah satu amalan ringan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar adalah dengan salat isya', salat subuh berjamaah, dan mengisi malamnya dengan tidak bermaksiat. Maka insya Allah kita akan mendapatkan pahala yang menghidupkan malam Lailatul Qadar,” katanya usai menyampaikan tausiyah di hadapan puluhan WBP, di Masjid Darut Taubah, Lapas Kelas IIB Batang, Minggu (2/4/2023).

 

Berdasarkan mazhab Imam Syafi'i dan Hanafi, malam Lailatul Qadar umumnya berada di waktu-waktu 10 hari terakhir, khususnya di malam ganjil dan malam Jumat. 

 

“Untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar itu, memang Allah "menyembunyikannya", supaya umat muslim berusaha keras menghidupkan di malam-malam selama Ramadan dengan ibadah yang sesuai kadar kemampuan dan hal-hal positif, seperti salat tarawih dan witir berjamaah termasuk tadarus Alquran, zikir serta tasbih yang dilantunkan karena nilai pahalanya sangat luar biasa,” terangnya.

 

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIB Batang, Rindra Wardhana mengatakan, kegiatan ini dapat memotivasi WBP agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi dalam mengisi tiap malam di bulan Ramadan dengan aktivitas keagamaan yang positif. 

 

“Apalagi kita sudah melewati 10 hari pertama, nah paling tidak di sisa Ramadan ini, WBP akan memperbanyak ibadah dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT,” harapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: