Siap Maju Adiwiyata Nasional

Siap Maju Adiwiyata Nasional

TUNJUKKAN - Kepala SMPn 8 Pekalongan menunjukkan taman sekolah sebagai paru-paru sekolah dalam program Adiwiyata.-Malekha-

*SMPN 8 Pekalongan 

KOTA - SMPN 8 Pekalongan menyiapkan diri untuk maju Adiwiyata Nasional setelah sebelumnya sukses melalui Adiwiyata Provinsi, Sabtu (20/5/2023).

Disampaikan Kepala SMPN 8 Pekalongan Sugono Mpd bahwa dalam program Adiwiyata U SMPN 8 Pekalongan sudah melakukan pembenahan untuk maju ke Nasional. Hal ini dilakukan setelah dalam konteks kesiapan Adiwiyata SMPN 8 Pekalongan melalui manajemen sebelumnya. 

"Salah satu kesiapan yang kami persiapkan adalah membangun kesadaran bersama dengan sebuah gerakan, bukan program karena kalau program selesai bubar, tapi yang kami harapkan adalah jenis gerakan yang artinya menjadi sebuah kebutuhan," ungkap Sugono. 

Diantara gerakan yang diciptakan oleh SMPN 8 Pekalongan adalah mengimplementasikan tata lingkungan, dimana lokasi sekolah menjadi salah satu tempat yang rawan terjadi rob. Jadi sekolah mengalihkan produk pembelajarannya. 

"Artinya semua ini adalah kerja tim, dan kami juga memiliki kesepakatan untuk berkomitmen melakukan kerja bersama," imbuhnya. 

Selain itu, kesuksesan ini juga mendapatkan peranan dari Provinsi melalui Dinas Lingkungan Hidup ( DLH) Provinsi yang mendukung penuh SMPN Pekalongan dengan mensuport penghijaun lingkungan melalui hibah tanaman.  

"Kemarin kami sudah mengajukan ke Provinsi lewat Provinsi kami dijinkan untuk mengambil tanaman sebanyak yang dibutuhkan," terang Sugono. 

Pihaknya berharap, dengan kegiatan ini bisa membantu masyarakat sekolah. Karena sekolah merupakan laboratorium untuk anak-anak dan diberikan pendampingan pembelajaran.

"Suatu saat anak-anak ini harus menghadapi dirinya, suasananya, tantangan kehidupan  yang saya tidak tahu. Setidaknya anak sudah pernah mencoba melaksanakan sesuatu nilai positif yang saya kira mungkin bisa mengurangi tata bencana," pungkasnya.(mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: