Sukseskan Transisi PAUD-SD

Sukseskan Transisi PAUD-SD

DOK - Rapat koordinasi pendidik PAUD dalam formum komunikasi pendidikan.-Malekha-

*Dindik Rencanakan Pertukaran Pembelajaran Bagi Guru Pendidik

KOTA - Mensukseskan kebijakan transisi PAUD-SD yang menyenangkan, Dinas Pendidikan Kota Pekalongan akan mengadakan program pertukaran pembelajaran bagi kepala PAUD-TK dengan SD, hal tersebut dilakukan untuk menyamakan persepsi dan menjaga komitmen dalam pengimplementasiannya. 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Zainul Hakim dalam kegiatan Forum Komunikasi yang digelar pada Senin (22/5/2023) di aula Dinas Pendidikan, mengatakan bahwa pertukaran tenaga pendidik lewat kepala sekolah dimaksudkan untuk membiasakan sekaligus penyesuaian agar pembelajaran di fase A SD atau kelas 1 dan 2 masih dilakukan dengan cara menyenangkan. Zainul berharap dengan implementasi yang baik, fase pondasi peserta didik bisa dilewati dengan baik dan menyenangkan. 

"Kami berusaha mengawal kebijakan yang sudah ditetapkan oleh Mas Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi supaya bisa diterapkan dengan baik dan dipahami oleh guru dan orang tua, selain itu kami juga sudah meniadakan tes membaca, menulis dan menghitung dalam PPDB SD, tinggal kita lanjutkan untuk proses pengenalan lingkungannya," ungkapnya. 

Sementara itu, Bunda PAUD Kota Pekalongan, Inggit Soraya turut mendukung rencana kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Pendidikan Kota Pekalongan. Dengan adanya program pertukaran kepala sekolah PAUD dan SD, tenaga pendidik lebih paham bagaimana cara mengajar anak usia dini namun tetap bisa mencapai tujuan pembelajaran yang dimaksud.

Lebih lanjut, Inggit berharap orang tua juga bisa memahami kebijakan tersebut , dengan pemahaman yang selaras maka penerapan transisi PAUD-SD dapat dilaksanakan dengan optimal. 

"Mudah-mudahan anak masuk ke SD tidak tertekan dengan kurikulum SD, yang mana duduk bersama tidak suasana bermain, transisinya bisa lebih soft sehingga anak-anak bisa belajar dengan suasana yang menyenangkan," pungkasnya.(mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: