Aktifkan Kembali Forum Komunikasi PAUD SD

Aktifkan Kembali Forum Komunikasi PAUD SD

BELAJAR - Kegiatan belajar mengajar siswa PAUD -Malekha-

*Dindik Kota Pekalongan 

KOTA - Dindik Kota Pekalongan kembali mengaktifkan forum komunikasi PAUD SD dengan menghadiri acara rapat koordinasi forum komunikasi PAUD SD. Forum ini terdiri dari penilik pengawas jenjang SD dan PAUD, IGTKI, Himpaudi, K3 SD perwakilan guru SD kelas bawah serta pusat kegiatan gugus.

Disampaikan Kabid PAUD Dindik Kota Pekalongan Sherly Imanda Hidayah bahwa forum komunikasi ini di harapkan dapat menjembatani atau sebagai forum yang dapat menyelesaikan permasalahan yang terdapat pada masa transisi PAUD ke SD.

"Karena selama ini komunikasi di anggap masih kurang harmonis, hal ini terlihat dari perbedaan yang cukup signifikan terkait pembelajaran yang ada di PAUD dan di SD," ungkap Sherly.  

Pembelajaran di PAUD masih menggunakan metode bermain adalah belajar sedangkan di SD sudah dengan duduk tenang memperhatikan. Di PAUD anak-anak di kenalkan angka dan huruf sedang di SD harus dpat membaca, sehingga hal ini menimbulkan keresahan baik anak orang tua maupun guru.

"Adanya persepsi yang salah terkait kesiapan bersekolah ini harus di luruskan, karena orang tua beranggapan anak yang bisa membaca dan berhitung adalah anak yang siap masuk SD sehingga banyak org tua yang mengeleskan anaknya," imbuhnya. 

Maka sudah menjadi tugas bersama untuk dapat mengawal masa transisi ini, baik guru PAUD ataupu SD serta orang tua sehingga masa transisi ini dapat berjalan dengan baik dan mulus, dan tidak terdapat patahan disana.

"Masa transisi ini sangat penting karena ini ada pada fase pondasi dimana nanti sangat berpengaruh terhadap anak untuk dapat mempunyai pandangan positif terkait belajar. Dengan masa transisi PAUD SD yang menyenangkan akan membuat anak senang belajar," pungkas Sherly. (mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: