39 Calhaj Cadangan Siap Diberangkatkan, Masuk Kloter Sapu Jagad

39 Calhaj Cadangan Siap Diberangkatkan, Masuk Kloter Sapu Jagad

BEKAI CALHAJ - Kemenag Batang memberikan materi manasik haji pada 39 Calhaj Kloter Sapu Jagat, Kamis (15/6/2023).-Dhia Thufail-

BATANG - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang siap memberangkatkan 39 calon jamaah haji cadangan yang tergabung dalam kelompok terbang sapu jagad.

Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Kemenag Batang, Akhmad Farkhan melalui Plt Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Abdul Wahab, Kamis (15/6/2023).

Ia mengatakan, 39 Calhaj cadangan tersebut akan diberangkatkan melalui dua kloter berbeda. Di mana 30 Calhaj akan diberangkatkan pada 18 Juni 2023 melalui kloter 85B, dan 9 JCH lainnya akan diberangkatkan pada 21 Juni 2023 melalui kloter 94.

Disampaikan Abdul Wahab, bahwa selama lima hari ke depan para Calhaj akan mendapatkan materi, baik kesehatan hingga tata cara ibadah haji, dengan menghadirkan Dinas Kesehatan dan Kantor Kemenag.

"Kloter Sapu Jagad memang sangat khas, karena meski sebelumnya JCH mengikuti bimbingan manasik dengan beberapa KBIH, namun pada praktiknya akan bertemu dengan jamaah lain yang berbeda KBIH. Sebelumnya mereka telah mengisi surat pernyataan kesiapannya untuk tergabung dalam kloter Sapu Jagad," terangnya.

Ia memastikan, ke-39 Calhaj cadangan telah melunasi Biaya Penyelenggaraan Haji sebesar Rp49,8 juta.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang, dr. Ida Susilaksmi pun mengimbau agar para Calhaj cadangan mempersiapkan kondisi fisiknya agar tetap prima, sehingga mampu menjalankan ibadah wajib maupun sunah selama di Tanah Suci.

"Kesiapan berangkat ke Tanah Suci tidak hanya terbatas pada kemampuan untuk melunasi Biaya Penyelenggaraan Haji saja, namun harus istitoah dari sisi kesehatan, sebab ibadah haji seluruhnya melibatkan aktivitas fisik," tegasnya.

Ditambahkan dia, Calhaj perlu mengetahui bahwa saat ini kondisi suhu di Tanah Suci mencapai 43 derajat Celcius. "Artinya cuaca panas yang luar biasa, maka siapkan kondisi fisik yang prima," tandasnya. (fel)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: