KPU Batang Tetapkan 619.689 dalam DPT Pemilu 2024

KPU Batang Tetapkan 619.689 dalam DPT Pemilu 2024

TETAPKAN - KPU Batang saat menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan DPT di Hotel Sendang Sari Batang Penetapan -IST-

BATANG- KPU Batang menetapkan sebanyak 619.689 pemilih masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024. Hal ini diputuskan usai KPU Menggelar Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil DPSHP menjadi DPT, di Hotel Sendang Sari, Rabu (21/6/2023). 

Sebelum penetapan ini telah dilakukan serangkaian proses. Mulai dari data DP4 dari Kemendagri, kemudian dilakukan pemutakhiran pemilih lewat kegiatan coklit di 2.565 TPS. Selanjutnya telah diterbitkan DPS, yang sudah mendapatkan tanggapan dari masyarakat. 

"Sebelum ditetapkan DPT di sini ini juga telah dilakukan rapat pleno dari tingkat PPS dan PPK," ujar Ketua KPU Batang, Nur Tofan saat diwawancarai di sela penetapan DPT Pemilu 2024.

Tofan menyebut, pihaknya juga sudah melakukan analisis kegandaan pemilih. Baik untuk pemilih antar kota dalam provinsi atau kegandaan lintas provinsi dan luar negeri.

"Memang ada beberapa pemilih yang elemen datanya belum lengkap, jadi itu bukan pemilih siluman. Mereka itu ada orangnya dan ada NIK-nya. Tapi memang emang datanya yang belum lengkap, kemudian kita sudah meminta bantuan lewat Disdukcapil untuk menyelesaikan masalah dan semuanya sudah clear," imbuhnya. 

Pihaknya juga memastikan untuk masyarakat yang akan berusia 17 Tahun hingga 14 Februari mendatang telah diakomodir. Nantinya juga lewat Disdukcapil para pemilih pemula ini akan difasilitasi perekaman e-KTP. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: