Hadapi Pemilu 2024, Polres Pekalongan Revitalisasi Satkamling

Hadapi Pemilu 2024, Polres Pekalongan Revitalisasi Satkamling

Kapolres Pekalongan AKBP Wahyu Rohadi foto bersama pemenang lomba satkamling tingkat Polres Pekalongan.-Hadi Waluyo-

Berdasarkan data satkamling yang telah divalidasi oleh Korbinmas Baharkam Polri, pada awal tahun 2023 menunjukkan bahwa dari total 230.028 pos satkamling, hanya 60% yang aktif atau sebanyak 134.753 pos satkamling, sedangkan 95.275 pos dinyatakan tidak aktif.

Maka dari itu, diperlukan peran dari seluruh masyarakat dan stakeholder terkait untuk melakukan upaya revitalisasi satkamling, dengan mengaktifkan serta memberdayakan kembali satkamling yang ada di lingkungannya masing-masing, maupun membentuk satkamling baru sesuai target yang telah disepakati bersama.

Sebagai upaya akselerasi, Polri telah mengadakan lomba satkamling mulai tingkat Polres, Polda hingga nasional. “Terus lakukan perbaikan dan tingkatkan kerja sama dalam penyelenggaraan satkamling. Semoga kegiatan ini dapat semakin menggelorakan dan menumbuhkan kesadaran kita bersama akan pentingnya memelihara kamtibmas mulai dari lingkungan sendiri,” pesan Kapolres.

Polri juga akan melaksanakan peningkatan kemampuan para awak satkamling melalui pelatihan, antara lain penjagaan dan patroli lingkungan, pembantuan dalam menyelesaikan masalah warga serta tindakan lain demi keselamatan masyarakat. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan teknis dan taktis operasional di lapangan.

Kapolres dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi kepada seluruh awak satkamling, serta segenap stakeholder terkait lainnya yang telah membantu Polri menjaga keamanan dan ketertiban. “Kepada rekan-rekan awak satkamling, saya berpesan agar senantiasa berpegang teguh pada nilai, norma dan etika pada setiap pelaksanaan tugas,” imbuhnya. 

Dalam kesempatan itu pula, Kapolres Pekalongan menyerahkan penghargaan kepada para pemenang lomba satkamling tingkat Polres. Untuk juara pertama diraih satkampling Desa Bojongkoneng, Kecamatan Kandangserang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: