Dosa Sudah Pasti!, Selingkuh juga Berdampak Buruk bagi Kesehatan Pelakunya

Dosa Sudah Pasti!, Selingkuh juga Berdampak Buruk bagi Kesehatan Pelakunya

Ilustrasi hubungan retak akibat selingkuh-Tangkapan layar freepik.com-

Dampak buruk selingkuh bagi kesehatan kedua yaitu bisa mengalami stres. Selingkuh dapat membawa dampak serius bagi kesehatan mental dan fisik seseorang. Misalnya saja, korban perselingkuhan dapat menyalahkan dirinya sendiri atau menjadi tidak percaya diri.

Kondisi ini lama kelamaan bisa menyebabkan stres, gangguan kecemasan, depresi, gangguan makan, hingga Post Traumatic Disorder Syndrome (PTSD). Dilansir dari Journal of Social and Personal Relationships, dibandingkan dengan pria, wanita cenderung mengalami stres yang lebih berat saat diselingkuhi.

Stres kronis yang berlangsung lama dapat memicu depresi atau meningkatkan angka risiko kejadian penyakit jantung dan pembuluh darah.

3. Gangguan tidur (insomnia)

Dampak buruk selingkuh bagi kesehatan ketiga yaitu alami gangguan tidur. Menurut survei dari American Psychological Association tahun 2012, sebanyak 40 persen orang yang sakit hati dan merasa stres karena perselingkuhan cenderung mengalami gangguan tidur.

Gangguan tersebut bisa berupa susah tidur dan sulit merasa rileks pada malam hari. Akibatnya, tingkat konsentrasi seseorang di siang hari akan menurun, tidak fokus beraktivitas, serta badan jadi lelah dan kurang berenergi.

4. Penyakit kronis

Stres yang dirasakan terus menerus akibat perselingkuhan dapat menyebabkan seseorang mengidap penyakit kronis. Misalnya saja, tekanan darah tinggi, obesitas, dan diabetes.

Masalah kesehatan ini berhubungan dengan efek domino yang menyerang gangguan psikis. Kondisi tersebut terjadi saat perselingkuhan membuat seseorang memiliki gaya hidup tak sehat. Contohnya, pola makannya jadi terganggu atau waktu istirahat dan tingkat aktivitas fisik jadi tak ideal.

5. Sakit kepala kronis

Penelitian yang dilansir dari jurnal Annual Review of Psychology mengatakan hampir 50 persen responden yang stres dan sakit hati karena perselingkuhan dilaporkan sering mengalami nyeri kepala kronis.

Hubungan antara laki-laki dan perempuan sudah diatur dengan sempurna dalam syariat Islam. Baik mereka yang sudah menikah maupun yang masih lajang. Untuk itu, mari patuhi syariat yang ada agar selamat di dunia dan akhirat. Jangan pernah coba-coba untuk selingkuh dari pasangan sah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: