Jangan Disepelekan, Tak Hanya Bikin Nyeri, Ini 4 Bahaya Asam Urat

Jangan Disepelekan, Tak Hanya Bikin Nyeri, Ini 4 Bahaya Asam Urat

Ilustrasi asam urat-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN – Asam urat jangan disepelekan! Bukan sekedar bikin nyeri di badan sehingga tubuh jadi tak nyaman. Ancaman penyakit serius lainnya membayangi jika asam urat tidak diobati.

Akibat tingginya kadar asam urat dalam darah, penyakit ini yang dikenal juga dengan gout memang menyerang bagian sendi tubuh. Orang yang dalam kondisi normal, asam urat terbuang melalu urine atau feses. Namun, ada beberapa kondisi yang membuat asam urat dalam darah seseorang menjadi tinggi. 

Ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko seseorang kena asam urat. Di antaranya, faktor keturunan atau ada anggota keluarga yang memiliki riwayat asam urat, terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi purin, seperti sayuran tinggi purin, daging, jeroan, dan makanan laut. Kebiasaan minum alkohol dan minuman serta makanan yang mengandung gula tinggi juga berisiko terserang asam urat.

Namun secara umum, penyakit ini lebih banyak dialami oleh pria dengan rentang usia 30 tahun hingga 50 tahun. Meski ada pula kasus asam urat menyerang remaja, bahkan anak-anak. Ini bisa disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat dan pola makan yang keliru. 

Untuk itu, ubah kebiasaan pola makan maupun gaya hidup menjadi lebih sehat, agar terhindar dari penyakit asam urat. Meskipun asam urat tidak mematikan secara langsung, jika dibiarkan tanpa pengobatan yang benar asam urat bisa menyebabkan faktor risiko terkena penyakit yang lebih serius dan berakibat kematian.

Baca juga:Hindari 6 Sayuran Ini! Agar Asam Urat Tak Kian Parah

Berikut ini beberapa komplikasi kesehatan bagi penderita asam urat jika tidak segera diobati:

1. Tophi

Asam urat yang dibiarkan tanpa pengobatan dapat berkembang menjadi asam urat kronis atau asam urat tophaceous. Kondisi ini dapat menyebabkan tophi. Yakni, penumpukan kristal padat di bawah kulit. Kristal ini dapat membentuk bulatan kecil menonjol dan terdapat cairan. Bagian-bagian tubuh yang sering muncul benjolan tophi adalah tangan, kaki, pergelangan tangan, pergelangan kaki dan telinga.

Kegiatan sehari-hari pasti akan terganggu dengan adanya tophi. Bahkan, saat benjolan tersebut terus bertumbuh, kulit dan jaringan di sekitar persendian bisa terkikis yang akhirnya menyebabkan kerusakan dan kehancuran sendi.

2. Kerusakan sendi

Kerusakan sendi pada tubuh dapat terjadi jika kadar asam urat dalam tubuh tidak terkontrol. Ini disebabkan kondisi tophi seperti keterangan di atas yang tidak segera diatasi.

Baca lagi:5 Obat Alami Asam Urat, Mudah Dibuat dan Tanpa Efek Samping

3. Batu ginjal dan penyakit ginjal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: