Pasca Penanganan Banjir Rob, Pemkot Upayakan Pemulihan Ekonomi Masyarakat Terdampak

Pasca Penanganan Banjir Rob, Pemkot Upayakan Pemulihan Ekonomi Masyarakat Terdampak

TAMU - Wakil Wali Kota Pekalongan, H Salahudin STP menyampaikan keterangan saat menerima tim CNN didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika setempat, Arif Karyadi S.Sos.-Abdurrahman-

KOTA - Musibah rob berdampak menurunnya penghasilan masyarakat. Oleh karena itu, Pemkot Pekalongan merencanakan upaya pemulihan ekonomi masyarakat yang tinggal di wilayah terdampak rob.

Wakil Wali Kota Pekalongan, H Salahudin STP mengatakan, selain menggarap sejumlah proyek penanganan banjir laut pasang atau rob yang terjadi di beberapa wilayah, Pemkot Pekalongan juga tengah merencanakan upaya pemulihan ekonomi masyarakat yang tinggal di wilayah terdampak rob.

"Pasca pembangunan proyek, kita harus memotivasi masyarakat agar mereka bisa memandang kondisi alam ini dengan positif, bisa menjadikan air sebuah sumber penghidupan yang baru," terangnya saat menerima tim CNN didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika setempat, Arif Karyadi. 

Dijelaskan Salahudin, Pemkot Pekalongan terus mendorong masyarakat untuk bisa melakukan adaptasi kehidupan. "Sebagai contoh, produksi batik rumahan yang ada di wilayah terdampak, mereka dulu bertumpu ketersediaan tenaga ketika para penduduk pindah, tidak berada di lokasi tersebut akan menurunkan produksi, dengan budaya dan adaptasi kehidupan yang dibangun, mereka akan bisa beralih profesi menjadi nelayan rawa, petani tambak dan lainnya, kemudian mereka juga bisa beradaptasi dari transportasi darat menjadi transportasi laut," terangnya.

Mantan Ketua DPRD itu menambahkan, pemerintah juga telah memfasilitasi perahu fiber untuk membantu masyarakat beraktivitas. Karena pemerintah berencana akan membangun wisata apung di daerah Degayu.

"Mudah-mudahan secara berurutan teknis kita lakukan penanganan, setelah itu kesejahteraan masyarakat juga kita poles perlahan," harapnya. (dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: