Kasatlantas: Tertibkan Diri Sendiri, Baru Tertibkan Masyarakat

Kasatlantas: Tertibkan Diri Sendiri, Baru Tertibkan Masyarakat

APEL - Satlantas Polres Pekalongan kota menggelar apel dalam rangka pemeriksaan dan pengecekan anggota jelang pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2023.-Wahyu Hidayat-

*) Operasi Patuh Candi 2023 Digelar

KOTA – Jajaran Polda Jateng akan menggelar Operasi Patuh Candi 2023 mulai 10–23 Juli 2023. Menjelang pelaksanaan operasi ini, Satlantas Polres Pekalongan Kota melakukan apel dalam rangka pemeriksaan dan pengecekan anggota. Kegiatan dilaksanakan di halaman pendopo Lapangan Matatam, Kota Pekalongan, Sabtu pagi (8/7/2023).

Dalam kegiatan ini, Kasatlantas Polres Pekalongan Kota AKP Koyim Maturrohman mengecek dan memeriksa kelengkapan Surat Izin Mengemudi (SIM), Kartu Tanda Anggota (KTA), serta Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) yang akan digunakan selama Operasi Patuh Candi 2023.

Kasatlantas Koyim juga memeriksa kelengkapan anggota lainnya. Seperti jas hujan, lampu kedap kedip, dan borgol.

Pengecekan dan pemeriksaan dilakukan untuk memastikan seluruh personel yang terlibat dalam Operasi Patuh Candi 2023 sudah patuh, tertib, dan lengkap surat-suratnya. Sebelum menertibkan masyarakat, anggota kepolisian harus lebih dulu tertib.

"Kita lakukan pengecekan per unit, anggota yang diterjunkan dalam Operasi Patuh Candi tahun 2023 harus memiliki kelengkapan SIM, KTA termasuk STNK. Jangan sampai anggota melakukan penindakan di lapangan, tapi anggota sendiri tidak patuh atau tidak tertib," tegas Kasatlantas AKP Koyim.

AKP Koyim menginginkan jajaran anggota Satlantas Polres Pekalongan Kota bisa tertib, disiplin dan bertanggung jawab dengan tugasnya masing masing.

Maka, disela-sela pengecekan kelengkapan tersebut, dirinya memberikan reward atau penghargaan pada anggota yang disiplin dan tertib. Sebaliknya, bagi anggota yang kurang disiplin, diberikan punishment atau sanksi.

Pengecekan dilakukan juga terhadap kelengkapan dokumen dan kelayakan kendaraan yang digunakan anggota Satlantas.

Satu persatu kendaraan bermotor baik roda empat dan kendaraan bermotor roda dua, baik kendaraan pribadi maupun kendaraan dinas yang akan diterjunkan dalam menghadapi Operasi Patuh Candi 2023 diperiksa.

"Kendaraan yang akan digunakan harus dalam kondisi baik dan ready. Jangan sampai kelengkapannya ada yang tidak berfungsi dengan baik. Maka kita cek satu persatu secara menyeluruh, sehingga betul-betul siap untuk digunakan," ujar AKP Koyim.

Operasi Patuh Candi 2023 digelar dengan tujuan untuk menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan angka fatalitas serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas. Juga untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap Polri khususnya Polantas sabagai implementasi commander Kapolda Jateng “POLDA JATENG HADIR”.

Adapun sasaran operasi, menurut AKP Koyim adalah segala bentuk potensi gangguan seperti pelanggaran kasat mata. Antara lain, pengemudi menggunakan hp, pengemudi di bawah umur, pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI, pengemudi mobil yang tidak menggunakan safety belt, pengemudi dalam pengaruh alkohol, balap liar dan lain sebagainya.

Diimbau kepada seluruh masyarakat Kota Pekalongan untuk bisa tertib berlalu lintas, utamakan keselamatan dan hindari pelanggaran. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: