Bintek Bahasa Jawa, Nguri-nguri Budaya

Bintek Bahasa Jawa, Nguri-nguri Budaya

DENGARKAN - Para peserta mendengarkan materi dari narasumber.-Malekha-

*IGTKI Gelar Bintek Muatan Lokal Bahasa Jawa

KOTA - Ikataan Guru TK Indonesia (IGTKI) menggelar bimbingan teknis (bintek) pembuatan modul ajar muatan lokal bahasa Jawa dengan tema "Nguatke karakter bangsa kanthi nglestarekake budaya lumantar pendidikan bahasa Jawa kengge PAUD".

Kegiatan yang berlangsung di Aula B Dindik Kota Pekalongan, Sabtu (8/7/2023) ini merupakan implementasi dari kurikulum merdeka episode 17 bertajuk revitalisasi bahasa daerah sebagai upaya perlindungan terhadap bahasa dan sastra daerah agar tidak segera mengalami kepunahan. 

Disampaikan ketua IGTKI PGRI Kota Pekalongan  Barokah Al Fitri menuturkan bahwa kegiatan ini diikuti 88 Kepala Sekolah TK se Kota Pekalongan.

"Penggunaan bahasa daerah penting diajarkan kepada anak usia dini agar tidak dilupakan sekaligus sebagai upaya melestarikan dan nguri-nguri budaya lokal," ungkap Fitri.

Dijelaskan lebih lanjut, sejauh ini pembinaan bahasa Jawa dijenjang TK belum terkoordinir dengan baik sehingga dengan adanya Bintek ini dapat mendapatkan acuan dan pedoman bagi pendidik untuk diimplementasikan di masing-masing lembaga.

"Alhamdulillah kegiatan ini berlangsung dengan baik dan disambut antusias peserta. Bintek juga menghadirkan langsung narasumber dari Ketua IGTKI Provinsi Jawa Tengah Arum Purwanti," pungkasnya.(mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: