Dispendukcapil Targetkan Perekaman 300 Siswa Pemilih Pemula

Dispendukcapil Targetkan Perekaman 300 Siswa Pemilih Pemula

DOKUMEN DIGITAL - Bupati Dico M Ganinduto menyerahkan dokumen adminduk kepada siswa MAN Kendal yang telah masuk wajib KTP-el, Senin (17/7/2023).-red/sef-

*Dukung Pemilu 2024

KENDAL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal turut aktif mendukung suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2024 melalui berbagai program dan kebijakan. Salah satunya terkait dengan menjaring partisipasi pemilih pemula, Pemkab melalui Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kendal mengadakan “Digitalisasi Layanan Adminduk untuk Pelayanan Publik dan Pemilu 2024”.

Kegiatan ini sebagai bentuk edukasi tentang pentingnya dokumen administrasi kependudukan dengan sasaran, yakni generasi milenial (usia pemula/pelajar), mereka yang masuk wajib KTP-el, dan pemilih pemula. Senin (17/7/2023) kemarin, Dispendukcapil mengemas edukasi tersebut melalui acara “Goes to School dan Inovasi Program Sweet Seventen” di MAN Kendal. "Secara keseluruhan, ini menjadi yang keempat kalinya dilakukan acara goes to school ini," ungkap Kepala Dispendukcapil Kendal, Ratna Mustikaningsih.

Dijelaskan Ratna, pihaknya menargetkan bisa menyasar 300 siswa SMA/SMK yang telah memasuki usia wajib KTP-el untuk melakukan perekaman. Terlebih, mereka juga termasuk pemilih pemula yang akan mulai bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 mendatang.

"Kalau totalnya masih ada 9.000 anak yang belum kita lakukan perekaman. Tapi prioritas untuk 300 siswa ini dulu," terangnya.

Acara “Goes to School dan Inovasi Program Sweet Seventen” ini juga dihadiri Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, yang juga berkesempatan menjadi Irup dalam upacara perdana tahun pelajaran 2023/2024. "Saya menyambut baik program digitalisasi adminduk ini. Karena dokumen adminduk ini penting sekali untuk pemerintah maupun masyarakat. Kita di pemerintah juga ingin meningkatkan capaian kepemilikan dokumen kependudukan," ujar Bupati.

Menurut Bupati, saat ini Pemkab Kendal terus berupaya meningkatkan integrasi sistem administrasi kependudukan dengan beragam layanan yang bisa diakses langsung oleh masyarakat.

“Layanan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD), agar masyarakat berpartisipasi aktif untuk melakukan aktivasi IKD, target nasional 25 persen dari jumlah wajib KTP dapat terpenuhi. Kepada seluruh Bapak-Ibu Guru, siswa dan karyawan di MAN Kendal agar dapat mendowload aplikasi di Smartphone masing-masing dan melakukan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD),” jelas Dico M. Ganinduto.

Pada kesempatan itu Dico M. Ganinduto melalui program Sweet Seventeen, pihaknya mengucapkan selamat ulang tahun kepada 15 siswa MAN Kendal yang bulan Juli ini berulang tahun. Kemudian Selain Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), acara juga melibatkan PT BPR BKK Kendal (Perseroda) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendal. (red/sef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: