Aksi Adaptasi Perubahan Iklim, Pemkot Pekalongan Gelar Pameran Inovasi dan Kreativitas

Aksi Adaptasi Perubahan Iklim, Pemkot Pekalongan Gelar Pameran Inovasi dan Kreativitas

Digelar - Pameran Inovasi dan Kreativitas Kota Pekalongan 2023 digelar di Lapangan Mataram Kota Pekalongan sejak tanggal 20 hingga 22 Juli 2023.,(20/7/2023)-FOTO-Dwi Fusti Hana Pertiwi

PEKALONGAN - Pemerintah Kota Pekalongan menggelar kembali Pameran Inovasi dan Kreativitas Kota Pekalongan 2023. Mengusung tema 'Aksi adaptasi perubahan iklim' acara expo berlangsung meriah di Lapangan Mataram Kota Pekalongan sejak tanggal 20 hingga 22 Juli 2023.

Walikota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid, dalam sambutan pembukaan nya mengatakan bahwa, kegiatan pameran inovasi dan kreativitas ini sebenarnya sudah rutin digelar. Namun, sempat ditiadakan karena adanya pandemi Covid-19 dan baru di Tahun 2023 ini kembali dilaksanakan dengan bekerjasama Yayasan Kemitraan Indonesia. 

"Alhamdulillah, kita ada tim Adaptation Fund yang bekerjasa dengan Pemkot Pekalongan untuk mengadakan pekan pameran inovasi ini," ujar Aaf sapaan akrabnya, Kamis (20/7/2023).

Menurutnya, saat ini Pemerintah Jawa Tengah tengah concern pada 3 wilayah terdampak perubahan iklim diantaranya Pekalongan, Kota Semarang, dan Kabupaten Demak. Padahal, mengingat potensi daerah Kota Pekalongan sebetulnya sangat luar biasa baik batik, UMKM, kuliner, dan lainnya.

Namun kata Aaf, yang jadi permasalahan utama saat ini yakni Banjir dan Rob yang belum selesai.

Dengan berbagai upaya dan perhatian dari semua pihak seperti adanya pembangunan fisik penanganan rob, bermitra dengan CSR, Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, delegasi dari negara-negara asing juga telah dilakukan.

"Dari Kemitraan juga ada berbagai kegiatan yang melibatkan para relawan, aktivis, pemuda-pemudi untuk bersama-sama peduli akan dampak perubahan iklim. Di harapkan, dampak perubahan iklim di Kota Pekalongan tidak semakin meluas," ucapnya.

Disamping itu, Aaf juga mengucapkan terimakasih atas kepedulian nya tersebut. 

"Kami sangat senang melihat banyak generasi muda dan pelajar untuk bersama-sama menyukseskan pameran inovasi dan kreativitas tahun ini dengan mengkampanyekan aksi adaptasi perubahan iklim. Mudah-mudahan kedepan kota Pekalongan bisa lebih baik lagi," harapnya.

Kepala Bappeda Kota Pekalongan, Cayekti Widigdo memaparkan tujuan diadakannya pameran inovasi dan kreativitas 2023 ini.

Diantaranya, sebagai ajang mengedukasi masyarakat akan pentingnya aksi adaptasi perubahan iklim, sebagai wadah jejaring, keberpihakan, kebijakan, sumber pembiayaan untuk penanganan banjir dan rob serta tata kelola air di Kota Pekalongan sekaligus memberikan ruang dan apresiasi bagi peneliti atau inisiator dalam mempublikasi inovasinya. 

Dalam kegiatan pameran kali ini ada dua  acara inti yakni pameran inovasi dan kreativitas pembangunan "Aksi Adaptasi Perubahan Iklim" dengan sub tema kolaborasi penanganan banjir rob dan tata kelola air di Kota Pekalongan. 

"Hadir sebagai peserta pameran yakni OPD Pemerintah Provinsi, Pemkot Pekalongan, kabupaten mitra dari Yayasan Kemitraan, perguruan tinggi, Dekranasda, TP PKK, Pokja Perubahan Iklim tingkat kelurahan, sekolah dari PAUD hingga SMA/SMK sederajat, Polda Jateng, Kota Samarinda, Kabupaten Maluku Tengah, Tanah Toraja, Toraja Utara, Enrekang, Pinrang, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang, dan Kabupaten Demak," papar Cayekti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: