Kelurahan Padukuhan Kraton Ciptakan Alat Deteksi Banjir

Kelurahan Padukuhan Kraton Ciptakan Alat Deteksi Banjir

INOVASI - Kelurahan Padukuhan Kraton memamerkan inovasi berupa alat pendeteksi banjir dalam kegiatan Pameran Inovasi Kreativitas Kota Pekalongan yang mengusung tema Aksi Adaptasi Perubahan Iklim Kamis (20/7/2023).-Ainul Atho-

KOTA - Kelurahan Padukuhan Kraton turut serta dalam kegiatan Pameran Inovasi Kreativitas Kota Pekalongan yang mengusung tema Aksi Adaptasi Perubahan Iklim Kamis (20/7/2023). Dalam kegiatan itu, Kelurahan Padukuhan Kraton yang membuka stand turut memamerkan salah satu inovasi yang dibuat yakni alat pendeteksi banjir.

Pokja Perubahan Iklim Kelurahan Padukuhan Kraton, Bahrul Fatihin mengungkapkan, alat ini akan sangat besar manfaatnya jika diproduksi skala besar dengan harapan dapat diterapkan di berbagai tempat.

"Alat ini akan mendeteksi banjir dengan tingkat keakuratan 90%. Dengan sinyal atau alarm yang memberikan kode ini masyarakat dapat tanggap saat mengahadapi banjir," terang Bahrul. 

Disebutkan Bahrul, inovasi yang senada dengan adanya perubahan iklim ini pada tahun 2022 berhasil mendapat Juara 3 Lomba Teknologi Tepat Gunanya (TTG). "Sitem kerja dari alat deteksi ini menggunakan adaptor, ketika air memenuhi pembatasan adaptor, alarm akan menyala dan ke pompa," beberapa Bahrul. 

Bahrul berharap ke depannya dapat tercipta produk untuk para pencinta lingkungan agar ketika tau ada bencana bisa cepat tanggap.(nul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: