Yuk Intip Manfaat Telur bagi Tubuh

Yuk Intip Manfaat Telur bagi Tubuh

Ilustrasi menu telur.-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Telur banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena mudah diperoleh dan harganya lebih terjangkau jika dibandingkan sumber protein hewani lainnya seperti daging dan ikan. Di sisi lain, telur ternyata kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Hampir sebagian besar orang, kecuali yang alergi telur, suka dengan makanan ini. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. telur pun gampang diolah menjadi berbagai menu makanan. Bisa hanya direbus, digoreng, atau dalam berbagai olahan telur lainnya.

Dilansir dari laman yankes.kemkes.go.id, Sabtu, 29 Juli 2023, banyak manfaat telur dalam bidang pangan. Diantaranya, bahan penambah cita rasa (masakan, kerupuk), bahan pengembang (roti, kerupuk), bahan pengempuk (gorengan), bahan pengental (sup) dan bahan perekat/pengikat (makanan perkedel atau kue kering). manfaat telur untuk pangan lainnya, untuk bahan penambah unsur gizi, bahan penstabil suspense dan bahan penggumpal.

Baca juga:Cara Mudah Memilih Telur yang Baik, Bisa Diketahui dari Cangkangnya

Telur merupakan sumber gizi harian yang sangat baik. Dalam satu butir telur mengandung sekitar 6 gram protein, vitamin A, B, D dan K, kolin, selenium, yodium, fosfor, besi dan seng.

Dengan kandungan kolin, telur bermanfaat untuk menjaga kesehatan membran sel di seluruh tubuh. Telur juga membantu tubuh menjaga kadar homocysteine di tingkat normal. Homocysteine adalah asam amino yang berkaitan dengan risiko penyakit jantung. 

Dalam laman itu disebutkan telur bagus untuk fungsi mental dan memori. Telur bila dikonsumsi setiap hari dapat meningkatkan kesehatan kognitif, karena telur mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh otak.

Manfaat lainnya, kandungan selenium merupakan mineral untuk mempertahankan kekebalan tubuh dan merupakan antioksidan kuat. Kandungan vitamin D pada kuning telur dapat mempercepat meredakan pilek dan flu. Hal ini membuktikan bahwa mengonsumsi telur setiap hari dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Telur memiliki vitamin B yang penting bagi tubuh untuk mengubah makanan jadi energi dan penting untuk mencegah cacat lahir. Vitamin A dalam telur bermanfaat untuk pengelihatan, pertumbuhan sel, dan kulit yang sehat. Sedangkan, vitamin E sebagai antioksidan.

Manfaat lainnya, telur dapat mengentalkan darah yang bertujuan untuk menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Telur juga mengandung vitamin B12, B6, kolin, dan folat. Nutrisi ini mengatur suasana hati dan memori seseorang. Tak hanya itu, satu butir telur mengandung 26 persen dari nilai kolin yang direkomendasikan untuk wanita.

Baca lagi:Cara Menyimpan Telur di Kulkas yang Benar, Biar Tahan Lama dan Aman Dikonsumsi

Telur miliki kombinasi antara protein dan lemak yang memberikan beragam manfaat bagi tubuh. Mengonsumsi telur setiap hari tidak hanya membuat kenyang lebih lama, tapi juga dapat menurunkan berat badan.

Telur sangat baik dikonsumsi ketika sarapan. Selain membuat kenyang hingga makan siang, telur juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Banyak yang percaya bahwa makan telur setiap hari dapat meningkatkan kadar kolesterol. Padahal sebaliknya, makan telur dalam diet sehari-hari justru akan meningkatkan kolesterol baik, yaitu HDL.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: