Bagus untuk Ibu Hamil dan Menyusui, Ini Kandungan Nutrisi dalam Telur

Bagus untuk Ibu Hamil dan Menyusui, Ini Kandungan Nutrisi dalam Telur

Telur kaya nutrisi.-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Telur merupakan sumber protein hewani yang kaya akan nutrisi. Sehingga telur sangat baik dikonsumsi untuk anak yang sedang tumbuh, ibu hamil (bumil), ibu menyusui hingga asupan untuk orang yang sedang sakit.

Telur terdiri dari tiga komponen utama, yakni kulit Telur, putih Telur atau albumen dan kuning Telur. Berikut ini kandungan nutrisi dalam Telur yang dilansir dalam laman Kementerian Kesehatan, Sabtu, 29 Juli 2023.

Baca juga:Yuk Intip Manfaat Telur bagi Tubuh

Selain susu, telur merupakan sumber protein yang sangat baik. Telur kaya akan asam amino, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Dalam telur, protein lebih banyak terdapat pada kuning telur, yaitu sebanyak 16,5%. Sedangkan pada putih telur sebanyak 10,9%. Protein telur bermutu tinggi dan mudah dicerna. 

Pada kuning telur terdapat lemak, yaitu mencapai 32%. Lemak pada putih telur jumlahnya sedikit. Artinya, putih telur merupakan sumber protein, sedangkan kuning telur merupakan sumber lemak.

Lemak pada telur terdiri dari trigliserida (lemak netral), fosfolipida (umumnya berupa lesitin) dan kolesterol. Jumlah asam lemak tidak jenuh lebih tinggi dibandingkan dengan yang terdapat pada produk hewan. Asam lemak utamanya adalah asam oleat, palmitat, linoleat dan asam stearat. Fungsi trigliserida dan fosfolipida umumnya menyediakan energi yang diperlukan untuk aktivitas sehari-hari. 

Baca lagi:Cara Menyimpan Telur di Kulkas yang Benar, Biar Tahan Lama dan Aman Dikonsumsi

Telur mengandung hampir semua vitamin, kecuali vitamin C. Vitamin yang larut dalam lemak (A, D, E dan K), vitamin yang larut dalam air (thiamin, riboflavin, asam pantotenat, niasin, asam folat dan vitamin B 12).

Selain sebagai sumber vitamin, telur juga sebagai sumber mineral. Kandungan mineral telur hampir sama dengan kandungan mineral dalam susu. Yaitu besi, fosfor, kalsium, tembaga, yodium, magnesium, mangan, potasium, sodium, zink, klorida dan sulfur. Kuning telur cukup tinggi kandungan kolesterolnya. 

Kulit telur mempunyai struktur yang berpori-pori (porous) dan permukaannya dilapisi oleh suatu kutikula, juga terdapat suatu lapisan berlemak bersama dengan lapisan kutikula. Kulit telur hampir 98% mengandung kalsium. Di dalam kulit telur terdapat putih telur yang terletak di sebelah luar kuning telur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: