Saatnya Membangun Ekosistem Saling Membutuhkan Antara Industri dan Angkatan Kerja

Saatnya Membangun Ekosistem Saling Membutuhkan Antara Industri dan Angkatan Kerja

ARAHAN - Bupati Dico M Ganinduto memberikan arahan kepada peserta saat membuka pelatihan kerja di BLK Desa Jenarsari, Weleri, Kendal, Selasa (8/8/2023).-red/sef-

KENDAL - Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, menyampaikan pentingnya membangun hubungan yang saling mendukung antara dunia industri di satu sisi dengan masyarakat angkatan kerja di sisi lainnya. Pada keduanya diharapkan bisa terbangun ekosistem yang saling membutuhkan, di mana perusahaan memberi dan membuka peluang pekerjaan, sementara masyarakat calon pekerja juga bisa terus meningkatkan kompetensinya.

Hal itu disampaikan Bupati Dico saat membuka kegiatan Pelaksanaan Pelatihan Kerja Berdasarkan Unit Kompetensi Tahun 2023, Selasa (8/8/2023) bertempat di Aula UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Desa Jenarsari, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal.

Kegiatan yang dibidani UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Kendal ini diikuti oleh 160 peserta. Kegiatan juga dihadiri oleh Kepala UPTD BLK Disperinaker Kendal, Hendro Setiyo Utomo beserta jajaran, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kendal, Agus Suyono, dan para perwakilan perusahaan di Kabupaten Kendal.

Dalam sambutannya, Bupati Dico mengatakan, bahwa dilaksanakannya kegiatan ini sebagai upaya bersama untuk terus meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Kabupaten Kendal dan menurunkan angka pengangguran di Kabupaten Kendal, serta memastikan seluruh masyarakat Kendal memiliki kesempatan yang sama dalam memaksimalkan peluang kerja di Kabupaten Kendal bisa terserap dengan baik.

"Pemerintah Kabupaten Kendal akan terus memaksimalkan kegiatan seperti ini bisa lebih banyak lagi ditingkatkan, mengingat akan lebih banyak lagi lapangan pekerjaan yang dibuka di Kendal khsusnya di Kawasan Industri Kendal," ungkap Bupati.

Bupati juga mengatakan, kegiatan pelatihan kerja semacam ini merupakan ekosistem bersama yang harus dibangun, yaitu memiliki kompetensi dan daya saing yang tinggi, sehingga muncul ekosistem saling membutuhkan antara lapangan pekerjaan dari KIK dan diisi oleh masyarakat Kendal yang berkompetensi. Maka, hal inilah yang harus disadari bersama.

"Kegiatan ini menjadi titik awal karir bagi para peserta untuk memulai mengembangkan kemampuannya, sehingga diharapkan beberapa tahun kemudian peserta yang dilatih hari ini bisa menjadi managerial KIK, bahkan memiliki industri sendiri, baik skala kecil, menengah, maupun skala besar. Jadi semua peserta memiliki kesempatan yang sama untuk mengembangkan potensi diri masing-masing, sehingga dalam pelatihan ini para peserta harus benar-benar mengikutinya dengan maksimal dan sebaik mungkin," pinta Bupati Dico.

Bupati Kendal juga berpesan kepada para peserta, agar benar-benar mempersiapkan mental kerja dengan baik, sehingga tidak berpuas diri dan terus bisa meningkatkan kualitasnya SDM sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Sementara itu, Kepala Kepala UPTD BLK Disperinaker Kendal, Herdro Setyo Utomo mengatakan, bahwa kegiatan ini diikuti oleh 160 orang peserta yang dibagi menjadi 10 kelas, yaitu operator kejuruan menjahit ada 6 kelas, instalansi telepon seluler 1 kelas, menjahit satu stel 1 kelas, mengelas 1 kelas, dan motor injeksi 1 kelas.

"Pelatihan sudah dimulai sejak kemarin, dan semua peserta nantinya rata - rata akan dilatih selama 1 bulan, masing-masing mendapatkan pelatihan 8 jam perhari," ujar Hendro.

Hendro juga mengatakan, bahwa hasil dari pelatihan ini para peserta akan disalurkan ke Kawasan Industri Kendal dan beberapa perusahaan di Kabupaten Kendal, mengingat sebelumya sudah dilakukan koordinasi untuk penempatan kerja bagi para peserta.

Dalam pelatihan tersebut, juga dilakukan penyerahan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan oleh Bupati Kendal Dico Ganinduto kepada para peserta kegiatan.

Ia berharap, melalui kegiatan pelatihan - pelatihan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Kendal bisa bermanfaat bagi masyarakat Kendal, dan nantinya Kendal memiliki SDM yang berkompeten dan berdaya saing.

Sedangkan, salah satu peserta, Rifqi Khoerodin menyampaikan, bahwa kegiatan ini sangatlah bermanfaat sekali, khususnya bagi yang baru lulus sekolah untuk mencari pengalaman kerja dan mengembangkan potensinya. (red/sef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: