Duet Abdul Malik-Shobaril Yuliardi Resmi Pimpin PDPM Kendal

Duet Abdul Malik-Shobaril Yuliardi Resmi Pimpin PDPM Kendal

PIMPIN PDPM - Abdul Malik resmi terpilih sebagai Ketua PDPM Kendal dalam Musyda PDPM Kendal Periode Muktamar XVIII, Sabtu (14/10/2023). Ia didampingi Shobaril Yuliardi sebagai Sekretaris dan Abi Daulah Haque menjadi Bendahara PDPM.--

KENDAL - Agenda suksesi kepemimpinan berhasil digelar dengan lancar dan sukses oleh Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kendal di SMP Muhammadiyah 11 Rowosari, Sabtu (14/10/2023). Dalam Musyda Periode Muktamar XVIII, duet Abdul Malik-Shobaril Yuliardi akhirnya disahkan untuk memimpin Pemuda Muhammadiyah selama empat tahun ke depan.

Musyda PDPM kali ini disebut sebagai yang terbesar dalam sejarah Pemuda Muhammadiyah Kendal. Pasalnya, jumlah peserta mencapai total 373 orang, yakni dengan rincian 37 dari unsur Pimpinan Daerah, 120 peserta dari Pimpinan Cabang, serta 216 dari Pimpinan Ranting se Kabupaten Kendal.

Sementara untuk daftar calon sendiri sebelumnya diusulkan sebanyak 94 calon sementara yang masuk ke Panitia Pemilihan. Dari hasil verifikasi dan pernyataan kesanggupan, Tim Panlih akhirnya menetapkan 46 calon tetap yang disahkan dalam Rapimda 2 sebelum pembukaan Musyda, Sabtu pagi.

Adapun proses pemilihan Pimpinan Daerah atau Formatur berlangsung seru pada Sabtu malam. Dari total 46 calon tetap, akhirnya terpilih 13 calon dengan suara terbanyak yang ditetapkan menjadi Formatur. Mereka yakni Eko Saputro dengan 200 suara, Heru Nugroho (199), Abi Daulah Haque (197), Abdul Malik (196), AA Riyanto (187), Shobaril Y (183), Rahman Wibowo (160), Rifqi Khoirul Anam (150).

Selanjutnya, ada Bagas Chairil A (138), Mirza Alan Husna (135), Bainaka Afian (122), Arief Ferdiyanto (90), dan Surya Prima P (88). Sesuai tradisi pemilihan dalam Muhammadiyah, pemilik suara terbanyak sendiri tidak serta merta menjadi Ketua. Mekanismenya, 13 Pimpinan terpilih melaksanakan musyawarah formatur untuk memufakati nama Ketua, Sekretaris, dan Bendahara (KSB).

"Alhamdulillah, dari sidang formatur, diperoleh mufakat bahwa Ketua PDPM Kendal Periode Muktamar XVIII diamanahkan kepada Abdul Malik, ia didampingi Shibaril Yuliardi sebagai Sekretaris, dan Abi Daulah Haque menjadi Bendahara PDPM," kata perwakilan Tim Panlih Musyda PDPM Kendal, Ahad (15/10/2023).

Sementara itu, Musyda XI PDPM Periode Muktamar XVIII kali ini mengusung tema "Pemuda Berkeadaban untuk Kendal Handal Berkemajuan". Acara pembukaan dihadiri Ketua PDM Kendal Ikhsan Intizam, Ketua PWPM Jateng A Ghofar Ismail, serta Ustadz Suwondo dari PDPM Temanggung yang mengisi pengajian akbar. Adapun Bupati Kendal, Dico M Ganinduto juga hadir untuk membuka Musyda.

Dalam sambutannya, Ketua PDM Kendal, Ikhsan Intizam menyampaikan harapannya bahwa siapapun yang nantinya terpilih sebagai Pimpinan Daerah agar lebih kuat ideologinya serta punya daya kreatif untuk mendesain dan membumikan program-program utamanya.

"Saya yakin teman-teman dari pemuda itu banyak ide. kami dari Muhammadiyah sangat berharap agar pemuda yang terpilih nanti menjadi pionir-pionir dalam program-program yang lebih baik yang lebih bermanfaat dan insya Allah menjadikan keberkahan untuk kita semuanya," tegas Ketua PD Muhammadiyah Kendal.

Bupati Dico M Ganinduto menyebut selama ini PD Pemuda Muhammadiyah selalu memberikan kontribusi terhadap Kabupaten Kendal dan berkolaborasi bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Kendal dalam beberapa program khususnya di bidang pendidikan dan juga kesehatan.

"Karena pendidikan dan kesehatan ini merupakan fokus daripada Muhammadiyah. Saya rasa dalam menebarkan kebaikan kepada masyarakat. Dua bidang tersebut merupakan bidang yang sangat amat penting karena itu merupakan indikator kesejahteraan masyarakat bagaimana akses pendidikan dan akses kesehatan ini harus terus menjadi upaya kita bersama-sama dalam terus memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Kendal," ujar Bupati Kendal.

Untuk itu, Bupati berharap Musyda harus terlaksana dengan baik guna menghasilkan program kerja ke depan, sekaligus mengkaji program apa yang sudah dikerjakan sebelumnya. (sef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: