Awas Patah, 7 Tips Merawat Rangka Motor agar Tak Berkarat

Awas Patah, 7 Tips Merawat Rangka Motor agar Tak Berkarat

Ilustrasi. Mencuci secara berkala akan mencegah rangka motor cepat mengalami karatan.-Radar Cirebon -

RADARPEKALONGAN - Sejumlah video yang memperlihatkan adanya sepeda motor yang patah rangkanya ketika dikendarai, saat ini banyak berseliweran di media sosial.

Kondisi tersebut tentunya membuat khawatir bagi pemilik motor yang tipe maupun mereknya sama, karena hal yang sama ditakutkan juga terjadi pada tunggangan kesayangnya.

Maklum saja, mengingat rangka motor merupakan bagian penting yang menyangga beban dan juga komponen motor itu sendiri.

Namun harus disadari, bahwa patahnya rangka tersebut tidak terjadi tiba-tiba. Melainkan diawali dengan terjadinya karatan pada rangka, hingga menyebabkan ketahanan dan juga kualitas materialnya menjadi menurun.

Karena itulah, penting kiranya bagi pemilik motor agar bisa menjaga dan merawat seluruh bagian kendaraan, termasuk rangka motor agar tidak cepat karatan.

Untuk merawat dan menjaga agar rangka motor agar tidak cepat berkarat, beberapa cara dan langkah berikut ini bisa kamu lakukan : 

1. Membersihkan Motor Secara Berkala

Bagi kamu pemilik motor, maka harus rajin mencuci motor dengan air bersih dan sabun khusus untuk kendaraan, apalagi usai dipakai berkendara saat hujan ataupun di lingkungan yang udaranya mengandung kadar cukup tinggi.

Pastikan motor kamu tidak banyak debu, kotoran, dan sisa-sisa bahan kimia yang mungkin menempel pada rangka yang bisa menyebabkan munculnya karat.

2. Keringkan Motor dengan Baik

Setelah dicuci, pastikan motor benar-benar kering, terutama di bagian yang rentan terkena air. Seperti celah-celah atau area rangka motor yang sulit dijangkau, karena berada pada bagian bawah.

3. Pemeriksaan Berkala

Secara berkala atau beberapa bulan sekali, kami bisa membuka body motor kesayanganmu untuk melihat kondisi rangkanya. Hal ini harus kamu lakukan, agar apabila terjadi sesuatu pada meterial rangka dapat sedini mungkin dilakukan pencegahan.

4 . Gunakan Pelindung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: